Sinergi Kemenag dengan Kantor Imigrasi Sukseskan Layani Calon Jemaah Haji Pembuatan Paspor

Sinergi Kemenag dengan Kantor Imigrasi Sukseskan Layani Calon Jemaah Haji Pembuatan Paspor

Padang, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi didampingi Penyelenggara Haji dan Umrah sekaligus Plt.Kepala seksi Pendidikan Madrasah H.Hendri Yazid  Silaturrahmi Pasca Lebaran Idul Fitri 1443 H/ 2022 M.

Dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Padang Napis, yang didampingi Fauziah, Kepala seksi pelayanan Dokumen Perjalanan, berlangsung diruangan Kepala kantor Imigarisi tersebut, Rabu (11/05).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi mengatakan ini adalah salah satu ajang silaturahmi sekaligus Koordinasi sebagai Mitra  Kemenag Kota Padang dengan Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Kota Padang.

Kata dia, selain bersilaturrahmi sekaligus mematangkan persiapan keberangkan jemaah haji tahun ini yang mana kota padang mendapatkan Kuata keberangkatan Haji sebanyak 512 Orang.

Untuk itu, terkait dengan pembuatan Paspor tidak terlepas dari peran aktif dari kedua lembaga tersebut yakninya antara Kantor Imigrasi dan Kemenag Kota Padang.

“Jika ada pembaruan paspor bagi calon jamaah haji dengan memanfaatkan program layanan Eazy Paspor milik kantor kemenag kota padang yang dipusatkan di kantor Pelayanan Haji dan Umrah jalan Berok Siteba Kecamatan Nanggalo Kota Padang dimulai pada pukul 08.00 hingga 16.00 Wib,” jelas H. Edy.

Terkait kerjasama tersebut, Kakankemenag Kota Padang, H. Edy Oktafiandi, menyampaikan ucapan terimakasih dan mendukung sepenuhnya sinergi lintas sektoral dalam pelayanan paspor tersebut.

“Hal ini sangat membantu memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya calon Jemaah haji Kota Padang karena untuk pembuatan paspor bisa dilayani di Kankemenag tepatnya di pusatkan di Kantor Pelayanan Haji dan Umrah Berok Siteba Kecamatan Nanggalo Kota Padang,” jelasnya.

"Semoga Kerjasama ini terus terjalin dengan baik dan pada momentum Pasca Lebaran Idul Fitri ini kita semua kembali ke Fitrah-Nya serta segala amal ibadah kita diterima Allah SWT Aamiin," harap H.Edy.

Ditempat yang sama, Napis selaku orang nomor satu di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Padang tersebut, menayambut baik kedatangan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H.Edy Oktafiandi didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Hendri Yazid.

Dan ini adalah salah satu kehormatan bagi kami Pejabat nomor satu di Kementeraian agama Kota Padang menyempatkan hadir disela-sela kesibukannya yang sangat padat.

“Tentunya sinergi Kemenag dengan Kantor Imigrasi terkait Layani Calon Jemaah Haji teatap tebina dan terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Diakhir penuturannya, Napis menjelaskan akan berusaha selalu membuat Inovasi dan terobosan terbaru dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan di Imigrasi terkhusus dalam pembuatan Paspor.

Dimana seluruh proses permohonan paspor ini mulai dari penyerahan dan pemeriksaan berkas persyaratan, Wawancara dan pengambilan data Biometrik berupa foto dan sidik jari dilakukan di lokasi kegiatan.

“Selanjutnya Paspor yang sudah jadi nantinya bisa diambil secara perwakilan atau bisa juga dikirim ke rumah melalui jasa PT Pos Indonesia,” jelasnya seraya menyudahi.(HarisTJ)