17 Calon Petugas Haji Daerah Ikuti Tes CAT dan Wawancara, Berikut Daftar Namanya

17 Calon Petugas Haji Daerah Ikuti Tes CAT dan Wawancara, Berikut Daftar Namanya
17 Calon Petugas Haji Daerah Ikuti Tes CAT dan Wawancara, Berikut Daftar Namanya

Padang, Humas—Jelang keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci tanggal 4 Juni mendatang Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melakukan seleksi Petugas Haji Daerah.

Ketua Panitia Zilwadi mengatakan proses seleksi Administrasi sudah dilakukan sejak Senin - Rabu (9 - 11 Mei) kemarin. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengirimkan 20 nama ke Kanwil Kemenag Sumbar untuk mengikuti seleksi Petugas Haji Daerah (PHD) di Laboratorium FKUB Kanwil Kemenag Sumbar.

“Ujian ini dilaksanakan serentak se Indonesia tepat pada pukul 10.00 WIB. Ujian dilaksanakan secara online dengan sistim CAT (Computer Assested Test). Ujian dilaksanakan dua tahap, CAT dan wawancara,” ungkap Zilwadi

Dikatakan Zilwadi, seleksi PHD ini diikuti 17 orang peserta dari 20 peserta yang mendaftar. Tiga diantaranya tidak memenuhi syarat administrasi untuk mengikuti ujian CAT dan wawancara. Waktu ujian CAT ini 90 Menit dengan 100 soal. Senemtara tes wawancara untuk masing-masing peserta dengan waktu 15 menit.

Sebelum pelaksanaan CAT, seleksi PHD dibuka secara resmi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat diwakili Kepala Bidang PHU H. Joben didampingi JFT dan JFU Bidang PHU, Kamis (12/5). Sebelum mengikuti ujian CAT peserta melakukan simulasi ujian yang dipandu Pranata Komputer Yudi Hidayat, Yesfi Mira dan Zaiful Rahmat.

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Joben dalam kesempatan itu menyampaikan Kuota jemaah haji Sumatera Barat tahun ini hanya 46 persen dari kuota normal dengan jumlah 2.093 orang. Untuk jumlah Kloter yang biasanya 12 Kloter sekarang hanya 5 kloter.

“Termasuk kuota Petugas Haji Daerah (PHD) juga berkurang. Pada musim haji sebelum pandemi covid 19 petugas haji daerah jumlahnya 36 orang masing masing kloter 3 orang. Tahun ini, petugas haji daerah hanya 10 orang, masing-masing 2 (dua) orang perkloter,” ungkap Joben.

“Namun kami yakin dan percaya, melihat dari daftar usulan calon PHD yang telah dikirimkan Gubernur Sumbar kepada kita dan yang hadir mengikuti seleksi ini, semuanya sudah punya kompetensi untuk ditugaskan sebagai petugas haji daerah,” terang Joben.

Namun karena kuota terbatas imbuh Joben karena bapak dan ibu yang sudah punya kompetensi ini terpaksa diseleksi. Dari 17 orang ini akan diseleksi menjadi 10 orang, tentu akan ada yang terelimisir.

“Namun niat baik kita untuk membantu jemaah sudah ada, mudah-mudahan ada ganjanrannya dari Allah," ucapnya.

“Kehadiran kita sebagai petugas kita sadari bersama bahwa ini adalah panggilan Allah SWT. Untuk itu, kami berharap bapak ibu bisa mengikuti proses ini dengan baik. Mudah-mudahan bapak dan ibu bisa bergabung dengan petugas kloter dan tim kesehatan,” harap Joben.

Berikut Nama-nama peserta yang mengikuti seleksi Petugas Haji Daerah untuk mendampingi jemaah haji tahun 1443H/2022M :

  1. Adek Fauzan utusan Kota Payakumbuh
  2. Ramadhani Kirana Putra utusan Kota Solok
  3. Nilma utusan Kota Padang Panjang
  4. Aidil Alfin utusan Kota Bukittinggi
  5. Sahwin utusan Kabupaten Pasaman Barat
  6. Zahirman utusan Kabupaten Padang Pariaman
  7. Ito Hadi Sista utusan Kabupaten Sijunjung
  8. Refri utusan Kabupaten Pesisir Selatan
  9. Sabar. AS utusan Kabupaten Pasaman
  10. Sudarman utusan Pemprov Sumbar
  11. Mulyadi utusan Pemprov Sumbar
  12. Mulyadi Muslim utusan Pemprov Sumbar
  13. Muhammad Ridwan utusan Pemprov Sumbar
  14. Solsafad utusan Pemprov Sumbar
  15. Asrat Chan utusan Pemprov Sumbar
  16. Putra Nusa utusan Kabupaten Solok Selatan
  17. Hendri Septa utusan Kota Padang

Hasil Seleksi ini akan diumumkan setelah tes wawancara selesai, setelah tim penguji menggabungkan nila CAT yang langsung diterima peserta saat tes dengan nilai tes wawancara. Hingga brita ini diturunkan proses tes wawancara masih berlangsung RinaRisna