Persiapan MTQN ke XL Agam terus Dimatangkan

Persiapan MTQN ke XL Agam terus Dimatangkan
Persiapan MTQN ke XL Agam terus Dimatangkan
Persiapan MTQN ke XL Agam terus Dimatangkan

Agam, Humas -- Sejumlah langkah persiapan terus dimatangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) Tingkat Kabupaten Agam ke 40 yang akan diselenggarakan 26 sampai dengan 30 Mei 2022 di Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam.

Pada Rabu (11/5) Rapat persiapan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Palupuh. Hadir Kakan Kemenag Agam yang diwakili Kasi Bimas Islam Pebri Doni beserta Kepala KUA Palupuh Hizra, Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Agam  Rahman, Kepala Bagaian Kesra Surya Wendri dan Camat Palupuh, Pimpinan  OPD terkait, Pegawai Bimas Islam Kemenag Agam, Tim Kerja MTQ, Forkopincam Palupuh dan tokoh-tokoh setempat.

Pada rapat yang dipimpin langsung Asisten II tersebut dibahas hal-hal teknis, mulai dari tempat, personil, teknis penyelenggaraan pembukaan, perlombaan dan sebagainya. Rahman berharap penyelenggaraan MTQN ke XL Tingkat Kabupaten Agam hendaknya lebih sukses dan lebih meriah namun dengan tetap memperhatikan aturan-aturan dan protokol yang harus dipatuhi, ingatnya.

Hampir sama dengan itu, Kakan Kemenag Agam H. marjanis saat diwawancarai di ruang kerjanya (12/5) menyampaikan bahwa MTQN ke XL tingkat Kabupaten Agam hendaknya benar-benar menyeleksi dan menghasilkan Qari dan Qoria’ah terbaik dari Kabupaten Agam yang mampu berbicara banyak di tingkat Provinsi bahkan hingga Nasional dan Internasional.

Dan Ia juga berharap pembinaan yang selama ini dilakukan secara bersama-sama oleh Pemda dan Kemenag Agam pada Lembaga Pendidikan Alqur’an serta pondok Tahfiz dan Pondok Pesantren membuahkan hasil berupa calon ulama, calon pemimpin, generasi yang memiliki SDM unggul, profesional dan qur’ani menuju agam lebih maju dan masyarakat sejahtera, ungkapnya mengutip tema MTQN ke XL Tingkat Kabupaten Agam yang demamnya telah mulai menyebar di Kabupaten Agam.

Kasi Bimas Islam Pebri Doni menjelaskan bahwa pada MTQN ke XL Tingkat Kabupaten Agam akan memperlombakan 13 Cabang dan 33 Golongan. “Untuk aturan dan tata tertib kita mengacu pada Tata Tertib MTQ Nasional yang diturunkan dari Tatib MTQ Provinsi. Untuk pendaftaran peserta kita menggunakan sistem E-MTQ. Dan rencananya nanti pada setiap lokasi lomba akan dilakukan siaran langsung atau livestreaming melalui kanal youtube diskominfo Agam” terangnya.  Alwi