Rakor Persiapan Pemberangkatan Haji 2022, Kabid PHU : Kerja Cepat, Cermat dan Jangan Santai

Rakor Persiapan Pemberangkatan Haji 2022, Kabid PHU : Kerja Cepat, Cermat dan Jangan Santai
Rakor Persiapan Pemberangkatan Haji 2022, Kabid PHU : Kerja Cepat, Cermat dan Jangan Santai

Padang, humas --- Kakanwil Kemenag Sumbar melalui Kabid PHU, H. Joben meminta jajaran seksi PHU Kemenag Kabupaten/ Kota untuk bekerja cepat dan cermat untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/ 2022 M yang tidak beberapa lama lagi. 

Hal ini ditegaskan Kabid PHU saat memimpin rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/ 2022 M bersama 19 Kepala Seksi Kemenag Kabupaten/ Kota se-Sumbar di Aula Amal Bhakti I, Jum'at (13/05)

H Joben mengatakan kecepatan dan kecermatan dalam persiapan penyelenggaraan haji harus dilakukan, mengingat ini adalah kali pertama Indonesia memberangkatkan jemaah haji pada masa pandemi. 

Ada beberapa hal yang disampaikan dan di bahas H Joben yang didampingi Sub Koordinator PHU dan Dinas Kesehatan Provinsi terkait agenda persiapan pemberangkatan jemaah haji diantara rekrutmen petugas haji daerah (PHD), hasil seleksi PPIH kloter , pembimbing KBIHU,  perlengkapan, pengkloteran, manasik haji, pengelolaan keuangan anggaran operasional haji (PKOH) dan lain-lain.

" alhamdulillah rekrutmen PHD provinsi Sumbar telah dilaksanakan dan  hasil seleksi PPIH Kloter  telah ada maka hari Selasa depan akan dilaksanakan pelatihan", ungkap Kabid PHU.

Terkait PKOH seperti pedoman bimbingan manasik haji dan pembekalan karu karom, H Joben mengingatkan agar dilaksanakan sesuai dengan regulasi yang telah diterbitkan Dirjen haji Kemenag RI.

Dikatakan Joben, tahun ini Sumatera Barat memberangkatkan 2.093 jemaah dari Embarkasi Padang, dengan pesawat Garuda  Boeing 777-300 kapasitas 393 kursi. 

"sehubungan perihal kesehatan, pada tanggal 4 Juni 2022 jemaah haji sudah diterbangkan ke Tanah Suci. Ini artinya satu hari sebelumnya, pada tanggal 3 Juni jemaah sudah diinapkan di Asrama Haji Embarkasi Padang. Jemaah sudah mengantongi tes PCR negatif Covid 19.", ungkapnya.

Maka guna mensukseskan persiapan pemberangkatan jemaah haji yang sangat mendesak ini, Kabid PHU minta jajaran PHU Kemenag Kabupaten/ kota tidak santai, cepat dan cermat dalam mempersiapkan pemberangkatan jemaah haji masing-masing kabupaten/ kota.

“Kita bisa saja tidak cuti. Kita bisa saja tidak libur meski instansi-intansi lain sedang libur. Waktu kita untuk penyelenggaraan ibadah haji ini semakin dekat dan terbatas,” imbuhnya. rzk