Wisuda Tahfidz MTsN 2 Agam ke II

Wisuda Tahfidz MTsN 2 Agam ke II
Wisuda Tahfidz MTsN 2 Agam ke II

Agam, Humas—Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Agam menggelar wisuda tahfidz angkatan ke II pada hari  Kamis (12/5) di aula madrasah. Acara wisuda dibuka oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten 1 Rahman, SIP. Kegiatan ini diikuti oleh 46 peserta dengan hafalan terbanyak berjumlah 5 juz. Mengangkat tema “Mewujudkan Generasi Madani Penuh Berkah dengan al-Quran”, diharapkan hafidz dan hafidzah dapat menjadikan Alquran sebagai pedoman dalam hidup.

Kepala Madrasah Irma Suryani menjelaskan bahwa tahfidz quran ini merupakan program unggulan dari MTsN 2 Agam yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Agam dan sesuai juga dengan program Bupati Agam dengan 1000 Rumah Tahfidz di Agam. Tujuan diadakannya wisuda tahfidz ini agar siswa semakin termotivasi untuk menjadi penghafal Alquran.

Kepala madrasah, Fextoria pada sambutannya mengungkapkan rasa haru serta memberikan selamat kepada para hafidz. Ia berpesan agar hafalan yang diperoleh dapat dipertahankan dengan tetap menjaga muraja'ah dan kalau bisa memulai dengan membaca dan memahami arti dari ayat yang dihafal serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat kepada Ananda dan orang tua, semoga ini menjadi tabungan akhirat bagi orang tua kelak karena dengan menjadikan anak sebagai seorang hafidz diharapkan nati akan dapat memberikan syafa'at kepada orang tuanya nanti dan akan memberikan mahkota kepada orang tuanya" ungkap Kepala Kemenag yang dalam hal ini diwakili oleh Kasi PDPP Kemenag Kab Agam Yunaldi, S. Ag, M. Pd. 

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten 1 Rahman SIP dan Anggota DPRD Prov. Sumatera Barat  Drs. Asra Faber , MM. Prosesi wisuda dimulai dengan pawai ta'ruf yang dimulai dari halaman Kantor Camat Kamang Magek ke MTsN 2 Agam, kemudian dilanjutkan dengan acara di AULA Madrasah. Pada sambutannya, Rahman dan Asra Faber memberikan apresiasi kepada madrasah karena sudah berhasil mengangkat acara wisuda tahfidz angkatan ke II.

“Mudah-mudahan Allah memberikan kemuliaan kepada Bapak Ibu guru dan orang tua. Selamat kepada MTsN 2 Agam yang telah mengangkat acara wisuda tahfidz quran ke II, semoga selalu eksis dan berjaya.” Ungkap oleh Asra Faber

Sementara itu, Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten 1 Rahman SIP memberikan dukungan untuk kegiatan tahfidz quran di madrasah. Menurutnya kegiatan tahfidz quran merupakan kegiatan yang strategis untuk membangun karakter siswa, sehingga terbangun pendidikan yang beradab dan berakhlak  dan ini juga sesuai dengan motto Kab. Agam "Agam Madani yang Mandiri dan Berprestasi. (MK)