Bersaing Dengan 4.118 Peserta, Salma Siswa MAN 2 Padang Juara Olimpiade Kedokteran Dasar Nasional

Bersaing Dengan 4.118 Peserta, Salma Siswa MAN 2 Padang Juara Olimpiade Kedokteran Dasar Nasional

Padang, humas -- Kembali siswa MAN 2 Kota Padang meraih prestasi yang membanggakan bagi madrasah dalam ajang nasional pada Olimpiade Kedokteran Dasar Nasional yang diselenggarakan Olimpiade Indonesia (OI) Jakarta. Ia adalah Salma Putri Insani kelas XI IPA 5.

Olimpiade Indonesia adalah lembaga berpusat di Jakarta yang bergerak dibidang pendidikan untuk membantu membimbing seluruh pelajar Indonesia yang ingin lulus atau diterima di perguruan tinggi favorit dengan mengadakan kompetisi dari berbagai cabang keilmuan.

Pada olimpiade kedokteran dasar nasional yang diselenggarakan secara daring 09 Januari 2022 yang lalu, Salma Putri Insani berhasil mendapatkan medali perak. Ia mampu bersaing dengan 4.118 peserta dari berbagai SMA/SMK dan Madrasah Aliyah se- Indonesia.

"Melalui piagam nomor 58/SER-OKDN/0I/IV/22 Olimpiade Indonesia memberikan penghargaan medali perak kepada Salma Putri Insani atas prestasinya dalam olimpiade kedokteran dasar nasional," demikian tertulis dalam piagam pada 03 April 2022 yang ditanda tangani ketua olimpiade Indonesia dr. Ahmad Ridwan.

Kepala MAN 2 Kota Padang H. Akhri Meinhardi mengapresiasi prestasi yang ditorehkan siswanya pada level nasional. Menurutnya Olimpiade Kedokteran Dasar Nasional adalah event bergengsi yang diikuti ribuan pelajar se- Indonesia.

"Tugas berat pimpinan dan pembina dalam proses melahirkan siswa berprestasi, terasa hilang seketika, apabila siswa sudah berhasil memperoleh juara, apalagi ini adalah juara nasional olimpiade bidang kedokteran dasar nasional lagi," kata Akhri Meinhardi dihadapan wali kelas XI IPA 5 Rafiah saat menerima siswa tersebut, Sabtu (14/05/22) diruang kerjanya.

Ditambahkannya, bahwa prestasi siswa ini bukan faktor kebetulan saja, akan tetapi melalui proses latihan secara terus menerus, sehingga dari proses itu membuahkan hasil.

"Bagi siswa-siswa yang lain, dihimbau agar terus berprestasi, buat pimpinan, guru dan madrasah bangga atas prestasi kalian. Madrasah akan selalu mensupport siswa yang memperoleh prestasi," ujar Akhri Meinhardi.

Salma Putri Insani mengungkapkan bahwa motivasi dirinya ikut olimpiade kedokteran dasar nasional adalah sebagai wujud keinginan untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari di madrasah. Walaupun pesertanya ribuan, ia tetap optimis bisa bersaing dengan peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah senang dan bahagia bisa memperoleh medali perak, tidak menyangka mampu memperoleh hasil seperti ini," kata Salma demikian ia biasa dipanggil.

Sebelumnya diberitakan (13/05) kakak beradik siswa MAN 2 Kota Padang Nathayafatiha Brilliyanesa Emild XI IPS 4 dan Muhammad Brilliyanesa Emild X IPS 3 juga memperoleh 9 Medali yakni 7 medali emas dan 2 medali perak pada olimpiade tingkat nasional tahun 2022. ArulDp rzk