Ka. Kanwil Buka Secara Resmi Raker Kemenag Padang Pariaman, Ini Pesannya

Ka. Kanwil Buka Secara Resmi Raker Kemenag Padang Pariaman, Ini Pesannya
Ka. Kanwil Buka Secara Resmi Raker Kemenag Padang Pariaman, Ini Pesannya

Bukittinggi, Humas -- Dalam jajaran vertikal, Rapat Kerja (Raker) sangat perlu dilaksanakan dari Kemenag Pusat hingga ke jajaran Kemenag Kabupaten/ Kota. Hal ini agar menyatukan visi dan misi Kemenag dari pusat hingga ke daerah. 

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Helmi saat memberi arahan sekaligus membuka Rapat Kerja jajaran Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman di Hotel Gran Malindo, Bukittingi, Rabu (18/05/2022).

Pada kegiatan yang mengusung tema "Tingkatkan Kebersamaan Demi Mewujudkan Transformasi Layanan Umat" ini, Ka. Kanwil didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, beserta jajaran dan Ketua DWP Kemenag Kabupaten Padang Pariaman, Ny. Armawati Syafrizal. Turut hadir pada kesempatan ini, Kepala Kantor Kementerian Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi.

Pembukaan secara resmi kegiatan ini dimulai dengan pembacaan laporan oleh Ketua Pelaksana sekaligus Plt. Kasubbag Tata Usaha, Adri Ahmad. Dalam laporannya, kegiatan ini diikuti oleh 58 peserta yang terdiri dari Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman. Kegiatan ini digelar selama 2 (hari), Rabu - Kamis (18-19/05/2022) dengan pembiayaan berasal dari DIPA Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman.

Selaku tuan rumah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mendapat kehormatan menyampaikan hantaran kata. H. Eri Iswandi mengatakan, Kota Bukittinggi merupakan kota yang sangat tepat untuk mengadakan Raker ini.

"Bukittinggi adalah kota wisata. Kami mengucapkan selamat datang dan selamat mengikuti rapat kerja. Namun, jangan lupa untuk melepas penat menikmati keindahan wisata Kota Bukittinggi agar semangat tetap terjaga selama raker," sahutnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ka. Kanwil atas dukungan sehingga terlaksananya Raker ini. Lebih lanjut, Ka. Kankemenag juga mengapresiasi sambutan hangat dari Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi.

"Terima kasih kepada Bapak Ka. Kanwil yang senantiasa memberi arahan kepada Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman. Syukur atas izin Allah dan dukungan Bapak Ka. Kanwil, Raker ini dapat dilaksanakan. Kami juga mengapreasiasi sambutan hangat dari Bapak Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi," kata H. Syafrizal.

Ia berharap, dengan semangat tema pada Raker ini, jajaran ASN Kemenag Kabupaten Padang Pariaman dapat menindaklanjuti program-program yang telah dibahas pada Rakernas dan Rakerwil Kemenag sebelumnya.

"Insya Allah, kegiatan dapat menjadi tuntunan dalam memberi layanan kepada umat. Mari kita ikuti dengan serius," tandasnya.

Mengawali arahan dan sambutannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Dr. H. Helmi berikan apresiasi kepada Ka. Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman yang mengemas Raker ini dengan baik.

"Alhamdulilllah Kemenag Padang Pariaman kembali mengadakan Raker setelah dilanda pandemi. Semoga kegiatan ini menghasilkan semangat dan hal positif dalam rangka pencapaian kinerja," ujar Dr. H. Helmi.

Ka. Kanwil mengingatkan, ASN Kemenag bukan hanya petugas mengurus Administrasi saja. Tapi lebih dari itu, bagaimana membina umat. Untuk itu, dengan semangat "Transformasi Layanan Umat", mari senantiasa sukseskan program-program prioritas Kemenag.

"Kepuasan masyarakat merupakan tolak ukur kinerja kita. Dengan digitalisasi layanan yang digalakkan saat ini, kita alihkan layanan manual yang bersifat transaksional dan berpeluang menimpulkan penyimpangan kepada layanan digital", beber Ka. Kanwil.

Dr. H. Helmi pada kesempatan ini juga mengutip pesan dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Katanya, ASN Kemenag harus lebih responsif dalam menyelesaikan permasalahan agama. Selain itu, ASN Kemenag juga harus aktif menangkal HOAX serta mempublikasikan kepada masyarakat tentang kinerja Kemenag.

"Permasalahan beragama perlu kita tindaklanjuti dengan responsif. Dan mari lawan HOAX yang menjatuhkan citra Kemenag," tuturnya.

"Tema yang diangkat kali ini sangat menarik. Sesuai tema, marilah kita yakin bahwa tidak yang tidak bisa kita lakukan dan capai jika dilakukan dengan kebersamaan dan kekompakan," pungkas Ka. Kanwil. 

Masih dalam suasana Bulan Syawal, di akhir kegiatan, para peserta bersilaturrahmi dengan Ka. Kanwil didamping Ka. Kankemenag Kabupaten Padang Pariaman dan Ka. Kankemenag Kota Bukittingi beserta jajaran. (edo)