Kemenag Pesisir Selatan Launching Aplikasi Datuak Pessel

Kemenag Pesisir Selatan Launching Aplikasi Datuak Pessel

Painan, Humas -- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan secara resmi melaunching aplikasi Data Terintegrasi Unggul Akuntabel Kemenag Pessel (Datuak Pessel).

Launching tersebut dilakukan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, dalam hal ini diwakili Kabag TU, Miswan, Sabtu (21/5) di Pandan View Kawasan Wisata Mandeh Resort, di sela-sela kegiatan raker dan halal bi halal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

Kabag TU, Miswan dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Raker Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Raker ini adalah raker yang ke empat di tingkat kabupaten dan kota dari 19 Kankemenag kabupaten dan kota di Sumatera Barat," ujar Miswan.

"Saya yakin pada puncak raker saat ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan sudah melakukan serta merencanakan yang terbaik untuk kemajuan lembaga ke depannya," kata Miswan.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan mengatakan, Datuak Pessel adalah sebuah sistem aplikasi yang ditujukan untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka keterbukaan data dan informasi kepada publik di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Melalui aplikasi ini masyarakat atau pihak luar dapat mengakses bank data di Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan," terang kakan kemenag.

"Jadi tugas kita bersama-sama mengirim data ke admin Datuak Pessel," kata Abrar.

"Kemudian kita akan siapkan juga nantinya di ruang PTSP sebuah layar besar agar semua pengguna layanan bisa untuk memperoleh data yang dibutuhkan," lanjutnya.

"Selain itu kita juga tengah mempersiapkan aplikasi Datuak Pessel ini untuk yang versi Android," tambah kakan kemenag.

Kakan kemenag mengatakan bahwa, data itu adalah ibunya dari semua perencanaan. "Salah data akan berdampak tidak akurat perencanaan dan tentunya akan berdampak kepada hasil yang tidak tepat pula," ungkap Abrar.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan tersebut berguna untuk menyatukan semua data lembaga yang dapat dijadikan sebagai informasi lembaga, serta akan mempermudah pihak manapun yang membutuhkan data sesuai dengan kebutuhan secara efektif dan efisien. 

Penggagas dari aplikasi Datuak Pessel, Yossef Yuda menyampaikan, aplikasi tersebut bisa menjawab tantangan kemajuan teknologi dan informasi yang dapat mendukung keterbukaan informasi publik.

Yossef Yuda menyebutkan, Datuak Pessel ini dapat memberikan data dari semua seksi dan penyelenggara yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, di antaranya data pendidikan, dan data jemaah haji. (zn)