MAN 2 Padang Gelar Simulasi Ujian Calon Peserta Didik Baru Tahun 2022

MAN 2 Padang Gelar Simulasi Ujian Calon Peserta Didik Baru Tahun 2022

Padang, humas -- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang gelar simulasi ujian online untuk seleksi peserta didik baru jalur reguler tahun 2022. Simulasi dilaksanakan Senin 23 Mei 2022 di hall Umar bin Khattab Kampus madrasah Jln. Gajah Mada No.100 Padang.

Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi mengatakan bahwa simulasi ujian bertujuan melatih dan membiasakan peserta dalam menjawab soal melalui aplikasi yang digunakan dalam PPDB. 

"Dengan adanya simulasi, siswa tidak ragu lagi dengan aplikasi yang disediakan madrasah, sehingga pada hari ujian nanti, calon siswa tidak gagap lagi," katanya.

Ditambahkannya, simulasi juga untuk membantu para panitia madrasah dalam mengidentifikasi kendala yang dialami peserta saat ujian berlangsung.

Sementara itu ketua panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022 Yusmal Yani menuturkan bahwa simulasi ujian diikuti 876 siswa dibagi menjadi tiga sesi yang berlangsung dari pagi sampai sore.

"Sesi pertama diikuti 292 siswa, begitu juga jumlah yang sama untuk sesi dua dan tiga," ucap Yusmal Yani.

Saat simulasi, kata Yusmal Yani, peserta dikenalkan dengan aplikasi FlyExam yang digunakan dalam PPBD dan soal yang diambilkan dari soal-soal yang berat seperti bahasa Inggris.

Ia juga mengingatkan kepada calon peserta didik baru agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin, mulai dari masalah teknis ujian maupun penguasaan materi.

"Saat simulasi, siswa juga diingatkan membawa kartu ujian, kartu login, baterai handphone harus penuh termasuk diruang mana siswa itu ujian," sambung Yusmal Yani.

Pantauan mandupanews, kegiatan simulasi berlangsung tertib dan lancar. Panitia memberikan arahan tentang apa yang mesti dilakukan calon siswa apabila terjadi persoalan teknis dalam pelaksanaan ujian nantinya. ArulDp rzk