Tim Kemenag Pasaman Barat Lakukan Monev TFG 2022

Tim Kemenag Pasaman Barat Lakukan Monev TFG 2022

Pasaman Barat, Humas - Guna mengetahui akurasi data dan jumlah guru penerima Tunjangan Fungsional Guru ( TFG) di madrasah di Pasaman Barat, Selasa (7/6) Tim Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, melaksanakan Monev (Monitoring dan Evaluasi) ke madrasah negeri dan swasta se Pasaman Barat.

Tim Monev Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, yang dipimpin Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), Bakrizal, mengunjungi MTsN 7 Pasaman Barat di Seberang Kenaikan, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh.

Di madrasah negeri tingkat Tsanawiyah itu, kunjungan Tim Monev Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, diterima Kepala Madrasah itu, Agus Salim. Pertemuan tim bersama pihak MTsN 7 Pasaman Barat, dilaksanakan di ruang kerja kepala.

Plt. Kasi Penmad, Bakrizal, menyampaikan, walau pihaknya telah menyampaikan informasi sekaitan data dan nama guru yang tercatat sebagai penerima TFG ke setiap madrasah. Namun, guna mengetahui akurasi data dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pembayaran TFG kepada setiap pendidik, apakah di madrasah negeri atau swasta, perlu dilakukan monitoring.

Anggaran yang dipakai untuk pembayaran TFG kepada para guru, berasal dari uang negara, melalui Daftar Isian dan Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian Agama, dan dicairkan pada setiap tahunnya. Sementara guru penerima TFG, bukan saja di madrasah negeri, tapi termasuk pada madrasah swasta, dan berada di tengah masyarakat.

Di Pasaman Barat, ulas Plt. Kasi Penmad itu, terdapat tujuh madrasah tingkat Tsanawiyah negeri, dan puluhan madrasah swasta. Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dua unit, dam tingkat Aliyah (MA) negeri sebanyak enam lembaga. Sementara untuk madrasah (MI dan MA) swasta, jumlahnya jauh lebih banyak dari madrasah negeri.

Khusus guru penerima TFG, tambah Bakrizal, jumlahnya juga cukup banyak. Agar proses pencarian dana yang dimaksud berjalan, seperti diharapkan, tentu harus ditunjang dengan akurasi dan kelengkapan data setiap guru yang menerima.

Kepala MTsN 7 Pasaman Barat, Agus Salim, mengakui, agar data guru penerima TFG berjalan sesuai jadwal, dan tetap berpegang pada aturan dan ketentuan yang berlaku, setiap penerima TFG dimaksud harus cermat, teliti dan akurat, ketika menyampaikan berkasnya kepada petugas di kantor.

Selain MTsN 7 Pasaman Barat, rombongan Tim Monev juga, mengunjungi MTs Muhammadiyah, dan MTs Tarbiyah Islamiah Paraman Ampalu, juga dalam wilayah Kenagarian Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh. (zar)