Siswa MAN 1 Kota Padang Ikuti Bimbingan Perkawinan Bagi Remaja Usia Sekolah

Siswa MAN 1 Kota Padang Ikuti Bimbingan Perkawinan Bagi Remaja Usia Sekolah

Padang, Humas -- Sebanyak 110 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Padang mengikuti bimbingan perkawinan bagi remaja usia sekolah angkatan 1 yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama kota Padang, Senin (13 Juni 2022) di aula MAN 1 Kota Padang.

Kegiatan bimbingan perkawinan bagi remaja usia sekolah ini bertujuan untuk membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu-buru menikah pada usia yang belum cukup dan juga untuk memberikan bekal pengetahuan pemahaman kepada para remaja yang nantinya melangsungkan pernikahan sehingga terwujudnya keluarga yang samawa.

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Padang Edi Oktafiandi dalam bimbingan dan arahannya mengatakan bahwa untuk mencegah terjadinya Pernikahan Dini pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan pra nikah seperti ini.

"Akibat Pergaulan Bebas yang sudah tidak ada batas lagi, maka bimbingan menjadi kunci untuk menyelamatkan remaja kita dari jalan yang salah. Bimbingan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan pencerahan tentang pernikahan karena sebelum menikah tentunya harus ada perencanaan yang matang dan kita harus tahu tentang diri kita baik secara fisik maupun psikis", jelas alumni MAN 1 Kota Padang tahun 1998 ini.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh kepala kantor kementerian agama kota Padang dan dilanjutkan dengan materi tentang “Remaja Yang Sehat dan Terampil mengelola Diri”, yang disampaikan oleh Resma Safitri psikolog Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Basamo Kota Padang.

Dalam materi ini Resma Safitri menjelaskan agar setiap remaja diharapkan mampu memiliki konsep diri yang sehat. Selain itu remaja diharapkan juga mampu mengelola diri baik emosi maupun komunikasi.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama kota Padang Kepala kantor tata usaha Kementerian Agama Sumatera Barat, kepala sekolah MAN 1 Kota Padang, panitia penyelenggara bimbingan perkawinan remaja usia sekolah Kemenag Kota Padang dan siswa MAN 1 Kota Padang. ( Afi-Ai) rzk