Kemenag Sawahlunto Imbau MI Tingkatkan Tahfizh Al-Quran

Kemenag Sawahlunto Imbau MI Tingkatkan Tahfizh Al-Quran
Kemenag Sawahlunto Imbau MI Tingkatkan Tahfizh Al-Quran

Sawahlunto, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto H. Dedi Wandra mengimbau jajaran Madrasah Ibtidaiyah (MI) agar meningkatkan program Tahfiz Al-Quran yang telah di laksanakan selama ini. Hal itu Ia kemukakan pada Wisuda Tahfiz Al-Quran sekaligus perpisahan Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Lunto, Senin (13/6).

Menurut dia, selain bernilai ibadah, anak-anak yang hafal Al-Quran memiliki banyak keistimewaan maupun  keunggulan dibanding yang lain.

"Bagi yang telah hafal 1 juz, tingkatkan menjadi 2 juz dan seterusnya," ujar Dedi.

Khusus siswa kelas VI,  Kakankemenag Dedi Wandra mengingatkan siswa supaya tetap menjaga nama baik madrasah dimanapun berada.

"Cerminkan di tempat lain,  anda itu adalah anak madrasah, diaitu beda, jangan lupakan ciri khas madrasah dimanapun anda belajar," katanya.

Dedi pun berpesan, siswa madrasah tetap melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan tidak putus sekolah.

Kepada majelis guru Dedi mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan pengabdian selama ini dalam memberikan pendidikan kepada anak siswa.

"Tidak mudah mengajar anak dari tidak tahu menjadi tahu, dari hanya pandai membaca iqra hingga mampu membaca Al Quran, wajar kiranya guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa," pungkas nya.

Sementara itu, Kepala MIS Lunto, Jasrilapidar mengungkapkan, jumlah peserta Tahfiz Al-Quran MIS Lunto sebanyak 12 orang siswa.

"Ini adalah wisuda kedua dari anak kami, ada juz 1, 2 dan 3, semoga senantiasa meningkat di masa yang akan datang," terangnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pelaksana tugas Kasi Penmad, Pengawai Madrasah, Kepala Desa, ketua komite beserta tokoh masyarakat setempat, tak terkecuali wali murid bersangkutan.

Usai pemindahan jambul dan penyerahan hadiah bagi siswa yang memiliki nilai hafalan tinggi, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama serta dokumentasi foto. (fahmi) rzk