Perkuat Jalinan Kerjasama Ka Lapas Kelas II B Pariaman Kunjungi Kakan Kemenag Kota Pariaman 3 min read

Perkuat Jalinan Kerjasama Ka Lapas Kelas II B Pariaman Kunjungi Kakan Kemenag Kota Pariaman 3 min read

Pariaman, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Rinalfi terima kunjungan silaturrahim dari Kepala Lapas Kelas II Pariaman Effendi beserta jajarannya di ruang kerjanya Senin (27/6).Kunjungan ini disambut dengan antusias dan gembira oleh Kakan Kemenag Kota pariaman Rinalfi didampingi oleh Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam serta Ketua Pokjlauh Kankemenag Kota Pariaman.

 Dalam kunjungan trsebut keduanya saling berkenalan satu sama lainnya, karena Effendi yang juga boleh dikatakan masih baru menjabat Kepala Lapas Kelas II B Pariaman, namun lebih baru lagi Rianalfi menjabat Kakan Kemenag Kota Pariaman. Suasana akrab jelas terlihat dari rona  wajah masing- masing pimpinan ini. Hal ini dapat dilihat dari kegembiraan dan gelak tawa yang terpancar di wajah mereka masing-masing saat mereka mengeluarkan argumen dan pendapatnya masing-masing.

Kakan Kankemenag Kota Pariaman Rinalfi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pihak Lembaga Pemasyarakatan (lapas) II B  Effendi yang telah mengajak Kementerian Agama sebagai mitra dalam memberikan pembinaan bagi para warga binaan di Lapas Kelas II B Pariaman.

“Lembaga Pemasyarakatan salah satu Lokus Binaan Penyuluh Agama Islam dari Kan Kemenag Kota Pariaman sudah menjadi ke niscayaan warga binaan mendapatkan bimbingan untuk bertobat dan diarahkan kepada ketaatan beragama sehingga keluar dari lembaga Pemasyarakatan bisa menjadi insan yang penuh kesadaran dan tidak lagi mengulangi kesalahannya,” tutur Rinalfi..

Selanjutnya Rinalfi  menyampaikan bahwa penanaman nilai-nilai keagamaan perlu berkesinambungan maka yang di utus untuk memberikan bimbingan adalah Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS yang di pandang cakap dan mempunyai kompetensi di bidang tersebut. Pembinaan yang dilaksanakan oleh pihak Kementerian Agama diharapkan bisa memberikan perubahan kehidupan beragama bagi warga binaan yang ada di Lapas.

“Untuk menindak lanjuti MoU tersebut Kementerian Agama Kota Pariaman menugaskan Penyuluh Agama menyiapkan beberapa langkah seperti instrumen atau modul khusus sebagai bahan yang nanti akan disampaikan kepada para warga binaan. Selain itu juga, Kementerian Agama melalui Penyuluh Agama akan membagi kelompok dan menyiapkan tim yang dijadwal untuk memberikan pembinaan di Lapas Kelas II B Pariaman. Rinalfi juga menyaranakan melalui Ketua Pokjaluh Rita Royani agar ada evaluasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan di lapas guna melihat sejauh mana ilmu yang diberikan berbekas bagi masing-masing nara pidana,” pungkas Rinalfi

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (lapas) II B Kota Pariaman Effendi  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama Kota Pariaman  atas kerjasamanya dalam menantangani MOU terkait Pembinaan Keagamaan bagi warga binaan

“Sinergitas ini sangat diperlukan karena salah satu program pembinaan kepribadian melalui sentuhan mental rohani. Sudah beberapa tahun ini peran Kementerian Agama sangat dirasakan warga Lembaga Pemasyarakatan Kota Pariaman melalui peran Penyuluh Agama Islam, dimana   penanda tanganan MOU telah dilaksanakan empat  tahun silam tepatnya tahun akhir tahun 2018,” tutur Effendi

“Dan kegiatan pembinaan keagamaan dengan peningkatan kapasitas dibidang keagamaan bagi warga binaan merupakan fungsi pelayanan dalam lapas. Pembinaan dan bimbingan keagamaan dan kegiatan lainnya di  Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) II B Pariaman, yang mana Kementerian Agama sebagai salah satu Mitra dalam memberikan pendidikan keagamaan,” ucapnya Effendi menambahkan.

Dipenghujung pertemuan acara dilanjutkan dengan penyerahan Asimilasi dari Kakan Kemenag Kota Pariaman kepada Ka. Lapas Kelas II B Pariaman  terkait dengan proses pembinaan narapidana di dalam kehidupan msyarakat dimana syarat asimilasi tidak pidana umum dan berkelakuan baik. Dan terakhir acara sesi foto bersama. (Rita)