Terbaik I Update EMIS PAI, Ditjen Pendis Janjikan Reward Ini untuk Sumbar

Terbaik I Update EMIS PAI, Ditjen Pendis Janjikan Reward Ini untuk Sumbar
Terbaik I Update EMIS PAI, Ditjen Pendis Janjikan Reward Ini untuk Sumbar
Terbaik I Update EMIS PAI, Ditjen Pendis Janjikan Reward Ini untuk Sumbar

Padang (Humas)- Sumatera Barat mendapat terbaik 1 update EMIS PAI semester genap 2021/2022. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Dirjen Pendis yang diwakili Sekretaris Dirjen Pendis Kemenag RI Rohmat Mulyana, dalam Rapat Koordinasi EMIS tahun 2022 di Bogor. 

Kegiatan ini turut mengundang operator EMIS PAI dan Pontren beserta Subkoor Seksi Pendidikan Diniyah Kesetaraan dan Sisfo PAPKIS Se-Indonesia. 

Sub Koordinator Seksi Pendidikan Diniyah Kesetaraan dan Sisfo PAPKIS Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Efrian, mengungkapkan keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan arahan Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H Helmi, yang sangat tinggi kepeduliannya terhadap data.

Selain itu juga berkat bimbingan Kabid PAPKIS  H. Naharudin, MH yang tidak henti-hentinya mendukung program pendataan EMIS di Provinsi Sumatera Barat.

Tak lupa Efrian juga mengucapkan terima kasih kepada DPW AGPAII Prov. Sumatera Barat di bawah komando Rimelfi. Dimana terus giat dan pro aktif memberikan sosialisasi terkait pendataan EMIS dan SIAGA. Sehingga memotivasi para guru PAI yang ada di Sumatera Barat untuk memperbaharui datanya. Dengan mengusung Slogan "Data Kita Masa Depan Kita".

Selain itu, Efrian menuturkan dengan torehan penghargaan ini Deni Rohmat Mulyana berjanji akan memberikan reward berupa penambahan anggaran untuk Provinsi Sumatera Barat terkait Pendataan EMIS.

"Sumatera Barat berhasil menyisihkan Kalimantan Timur di posisi kedua pada menit-menit akhir. Karena menjelang akhir Juni peringkat 1 masih dipegang oleh Kalimantan Timur. Namun berkat koordinasi yang apik antara operator EMIS PAI Kanwil dengan operator EMIS Kab/kota dan Guru2 PAI, Sumatera Barat berhasil naik ke peringkat 1 dan posisi ke- 3 diraih Kalimantan Utara." Terang Efrian melalui via WhatsApp.

Sedangkan untuk EMIS pontren, tahun ini berhasil diraih oleh Prov. DKI di peringkat 1, diikuti Prov. Jawa Tengah dan Provinsi Jambi di urutan kedua dan ketiga. 

Untuk kategori Update Emis Pontren, Sumatera Barat sendiri masih belum memuncaki peringkat. Ia menilai karena masih terdapat 113 Pondok Pesantren yang kepeduliannya masih kurang terhadap update data EMIS. 

Terkait hal ini, Efrian mengungkapkan akan mengevaluasi dan memberikan bimbingan khusus pendampingan pendataan EMIS terhadap 113 pondok pesantren tersebut. Bimbingan ini diagendakan akan dimulai pada bulan Juli hingga Agustus ini secara maraton. Sehingga bisa memperbaiki peringkat di tahun yang akan datang.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh operator EMIS PAI Solmus, S.Th.I, S.Pd.I dan operator EMIS PD Pontren Hj. Fatmawati, M.Sos. Sedangkan SubKoordinator Seksi Pendidikan Diniyah, Kesetaraan dan Sisfo PAPKIS Efrian, M.Kom berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan Evaluasi USPKPPS di Bali pada hari yang bersamaan.(vera)