Beri Motivasi 6 JFT, Kakanwil Tekankan Pentingnya SSI dalam Bekerja

Beri Motivasi 6 JFT, Kakanwil Tekankan Pentingnya SSI dalam Bekerja
Beri Motivasi 6 JFT, Kakanwil Tekankan Pentingnya SSI dalam Bekerja
Beri Motivasi 6 JFT, Kakanwil Tekankan Pentingnya SSI dalam Bekerja

Padang (Humas)- Jabatan bukan hanya sekadar kepercayaan dari pimpinan, akan tetapi harus dipertanggungjawabkan baik kepada negara dan agama. Untuk itu, para pejabat fungsional di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, diminta menjadikan agama sebagai core values dalam bertugas. Sehingga mampu menunaikan pekerjaan dengan sepenuh hati, ikhlas, sabar disertai rasa syukur.

Motivasi ini ditekankan Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi kepada 6 orang fungsional ASN yang baru dilantik baru-baru ini, diruang kerjanya (Senin (04/07).

"Bagaimana nilai - nilai agama itu menjadi landasan kita dalam bekerja. Itu beda kita dengan instansi lain. Saya mengatakan itu dengan istilah SSI "Syukur, Sabar dan Ikhlas. Terlebih lagi bagi ASN yang masih baru ini. Perlu direnungkan hal ini," katanya.

Bersama Kabag TU H Miswan, Kakanwil Helmi memberikan motivasi, agar ASN senantiasa bekerja maksimal dan profesional sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Selain itu H Helmi mengingatkan pentingnya menghargai antara sesama ASN tak terkecuali pimpinan. 

Kakanwil mengajak para fungsional yang baru dilantik untuk menggali makna syukur. Helmi menyebut ungkapan Imam Al Gazali ketika mendapatkan nikmat. "Agar menggunakan nikmat itu secara proporsional." Terangnya.

Menurutnya implementasi rasa syukur itu, akan menambah nikmat itu sendiri untuk ASN bersangkutan. "Kalau ada kegiatan salat berjamaah kita ikut. Ada pelaksanaan ibadah kurban, kita ikut juga berkurban," ujarnya.

Kedua, sebagai ASN Kemenag kita perlu menerapkan sikap sabar dalam segala hal. "Bagaimana kita bisa menahan diri terhadap hal yang tidak diinginkan terjadi. Dalam Alquran ada 13 ayat yang berbicara tentang sabar." Katanya.

Helmi menambahkan, betapa pentingnya seorang ASN mengedepankan etika dalam menjalankan tugas.

"ASN perlu banyak bersabar dalam menjalankan perintah atasan. Banyak bersabar dalam melayani masyarakat. Sabar jangan diartikan sebagai fatalizen, seharusnya sabar menjadi energi bagi kita." Ungkapnya.

Terakhir, Kakanwil menyebut pentingnya ASN menanamkan rasa ikhlas dalam bekerja. 

"Dikantor ini ada bekerja itu sesuai tupoksi, ada juga istilahnya bekerja sama dan sama-sama bekerja. Jangan kaku dalam mengartikan Tusi kita. Kalau kita ringan tangan, dimana pun orang akan senang dengan kita," pesannya.

Ia menyebut mengingat pelayanan itu bersifat internal dan eksternal. Maka perlu dipahami setiap pekerjaan itu ada koridor dan ruangnya. 

"Hal itu harus bisa kita jalani dengan sepenuh hati. Disertai dengan SSI insyaallah kita bisa sukses," tutupnya.

Hadir pada momen tersebut Plt Sub Koordinator Kepegawaian dan Hukum/ Analis Kepegawaian Ahli Pertama Dini Mahdumillah, S.IP, Sub Koordinator Umum dan Humas Eri Gusnedi. 

Keenam pejabat fungsional ini adalah Elsa Febriani, jabatan Statistisi Ahli Pertama.Budi Muliono, jabatan Arsiparis Ahli Pertama. Vivi Ardi, jabatan Arsiparis Ahli pertama. Fauziah jabatan Arsiparis Ahli pertama. M. Rizki Afdhal jabatan Arsiparis Ahli pertama. Dan Mona Filardi jabatan Arsiparis Ahli pertama yang berhalangan hadir pada momen ini.(vera)