249 ASN Kemenag Pasaman Ikuti Pembinaan Oleh Kakanwil

249 ASN Kemenag Pasaman Ikuti Pembinaan Oleh Kakanwil
249 ASN Kemenag Pasaman Ikuti Pembinaan Oleh Kakanwil

Pasaman-Humas, Sebanyak 249 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman mendapatkan pembinaan langsung dari Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Selasa (5/7) di auditorium Arummas hotel Lubuk Sikaping.

Kepala Kanwil Helmi dalam pembinaannya mengingatkan lima nilai budaya kerja aparatur Kemenag yakni keimanan dan ketaqwaan, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. Ini harus terwujud dalam diri sebagai abdi negara.

Lanjut Helmi, lembaga bernafaskan ikhlas beramal ini memiliki visi yang harus diwujudkan bersama yakni Kementerian Agama yang profesional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Juga misinya yang luhur, Meningkatkan kualitas kesalehan umat beragama, memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama, meningkatkan layanan keagamaan yang adil, mudah dan merata, meningkatkan pelayanan pendidikan yang merata dan bermutu.

Selain itu adalah meningkatkan produktivitas dan daya saing pendidikan; serta memantapkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance) .

Ia mengatakan bahwa Kemenag memiliki jumlah ASN yang banyak dari Kementerian maupun lembaga negara lainnya. Maka, pesannya untuk semakin menampakkan potensi dan kualitas kinerja yang baik untuk lembaga dan negara.

Helmi dikesempatan itu menegaskan sebagai ASN Kemenag tidak gaptek (gagap teknologi) karena penguasaan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) merupakan sebuah instrumen yang berperan penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, Helmi menyampaikan kunjungan kerjanya untuk bersilaturrahim dengan keluarga besar Kemenag ranah Pasaman yang dipimpin Gusman Piliang.

Menurutnya, silaturrahim dapat mempererat ukhuwah dan koordinasi. Sebagai pimpinan Kanwil Kemenag mesti mengetahui kendala maupun hambatan yang dialami di tingkat kabupaten dan  kota wilayah kerjanya.

Sebelumnya, Ketua DWP Provinsi Nazhifah Helmi menyampaikan kesan baik. Sembari mengingatkan kaum ibu sebagai pendamping suami dan anggota DWP harus mengerti tugas serta visi misi Kemenag.

Dirinya mengatakan, DWP sebagai organisasi istri PNS turut serta mendukung dan membantu kemajuan instansi khususnya Kemenag Pasaman.

Sementara Pelaksana tugas Kepala kantor Sulpan Amri menyampaikan program-program Kemenag Pasaman termasuk penyerapan anggaran sampai bulan Juni tahun 2022.

Sulpan  juga mengungkapkan data-data lembaga pendidikan formal dan non formal yang berada dalam naungan Kemenag Pasaman. Juga adanya semangat kerja ASN dengan sloga “Pasaman”, Profesional, Amanah, Sinergis, Adil, Mantap, Akuntabel dan No Pungli sejalan dengan visi misi lembaga ini.Ph_ysf