Epi Yarlis Guru MAN 2 Padang Ikuti Pengembangan dan Validasi Literasi Sains Nasional, Ini Kesannya

Epi Yarlis Guru MAN 2 Padang Ikuti Pengembangan dan Validasi Literasi Sains Nasional, Ini Kesannya

Padang, humas -- Epi Yarlis S, Pd, M.Si guru fisika MAN 2 Kota Padang menyampaikan kesannya saat mengikuti pengembangan dan validasi instrumen literasi sains tahap 1 tingkat nasional tahun 2022. Dia mengaku baru kali ini mengikuti pelatihan tersebut, setelah dinyatakan lulus sebagai penyusun AKMI nasional pada 17 Maret 2022 lalu.

Pengembangan dan validasi instrumen literasi sains tahap 1 diselenggarakan oleh Dirjen Pendis kemenag RI di Savana Hotel dan convention Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan diikuti 45 peserta se-Indonesia dan berlangsung dari 30 Juni sampai 02 Juli 2022.

"Saya tergabung di kelompok instrumen literasi sains yang berjumlah 15 orang untuk guru MA. Dikelompok ini banyak guru-guru hebat, toeflnya diatas 500, dan kemampuan literasinya di atas rata-rata, bahkan ada yang sudah menulis 7 buku," kata Epi Yarlis saat menceritakan pengalamannya diruang kantor berita Mandupa, Selasa (05/07/22).

Dia menyebut, pada kelompok itu, Ia belajar cara menyusun stimulus dan soal instrumen asesmen serta rencana strategi telaah penulisan soal yang efektif, efisien dan valid, dibimbing oleh para pakar yang ahli dibidangnya.

"Setelah adanya stimulus yang sudah dibuat, muncullah soal dan soal itu divalidasi oleh pakar.  Hasil validasi itu di serahkan ke reviewer apakah soal tersebut sudah sesuai kaidah atau belum," ujar Epi Yarlis.

Ditambahkannya, banyak pengalaman dan kesan yang didapat selama kegiatan. Apalagi kata dia, selama kegiatan, guru-guru dibimbing oleh narasumber bertaraf nasional dibidang Literasi Sains.

"Dengan adanya bimbingan dari para ahli tersebut, ilmu pengetahuan tentang pembuatan soal bertambah dan mudah-mudahan bisa diterapkan pada kegiatan-kegiatan berikutnya,"ucapnya.

Epi Yarlis menuturkan bahwa kegiatan pengembangan dan validasi instrumen literasi sains tahap berikutnya akan dilangsungkan di beberapa kota yang ada di Indonesia.

"Sesuai jadwal Minggu besok tanggal 14 di Jakarta, kemudian lanjut di Makasar dan Yogyakarta," kata dia mengakhiri ceritanya.

Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi merasa bersyukur sekaligus bangga salah seorang gurunya ikut pengembangan dan validasi instrumen literasi sains tingkat nasional. Ia akan selalu memberikan dukungan penuh kepada guru maupun siswa yang berprestasi.

"Dari 15 orang guru se Indonesia yang tergabung dalam literasi sains tahun 2022, salah seorang guru MAN 2 Padang masuk dalam kelompok itu, kita pantas berbangga atas prestasi itu," katanya.

Akhri Meinhardi akan terus mendorong seluruh warga madrasah, baik guru maupun siswa supaya berpacu dalam prestasi. Menurutnya, nama baik madrasah bukan hanya diukur seberapa banyak siswa diterima di PTN, tetapi juga apa prestasi guru dan siswanya.

"Diharapkan kepada seluruh keluarga besar MAN 2 Padang termasuk  guru yang punya kelebihan, berjuanglah, berikan kontribusi yang positif supaya madrasah ini lebih berprestasi," tandasnya. ArulDp rzk