Kalibrasi Arah Kiblat

Kalibrasi Arah Kiblat

Baso. Humas-- Tim Pengukuran Arah Kiblat Kemenag. Kabupaten Agam memberikan pelayanan Pengukuran Arah Kiblat. kemarin, tepatnya hari Selasa/572022 yang dipimin oleh Febri Doni dengan melakukan kalibrasi arah kiblat di Mushalla Al-Ikhlas Bukik Panjang Jorong Sungi Sariak Nagari Koto Tinggi Kecamatan Baso.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ka.KUA Kecamatan Baso, Wali Nagari Koto Tinggi, Wali Jorong Sungai Sariak, Pengurus Mushalla Al-Ikhlas, Ketua Panitia, serta Masyarakat setempat.

Tim Pengukur Arah Kiblat Febri Doni, menuturkan pengukuran arah kiblat adalah hal yang sangat penting karena sudah menjadi kewajiban bagi Umat Islam untuk Shalat menghadap kiblat. Menurutnya akurasi arah kiblat harus benar - benar diperhatikan karena akan menjadi acuan masyarakat yang akan melaksanakan shalat di Mushalla tersebut.

Menurtnya program akurasi arah kiblat ini, bagi Masjid/Mushalla yang baru akan dibangun, meski begitu  Masjid/Mushalla lama tetap bisa memanfaatkan. Prosedur yang harus ditempuh tidak terlalu sulit.

“'Masyarakat bisa mengirimkan surat kepada kami untuk membantu mengukur arah kiblat menggunakan alat dari kami sesuai perhitungan falak arah kiblat,” tutur Doni..

Surat permohonan dari masyarakat untuk pengukuran arah kiblat bisa ditujukan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam dengan melalui KUA di Kecamatan masing-masing. Permintaan ini akan diteruskan ke Kemenag Kab. Agam untuk ditangani ahli pengukuran kiblat.

“Masyarakat jangan khawatir kami beri layanan ini berdasarkan ilmu falak, dengan metode dan ilmunya, serta dibantu ada alat,'' ujar Doni. (LS)