Serah Terima Bantuan Buku, Tim Perpusnas RI: 500 Eksemplar untuk PPDM Sungai Cubadak

Serah Terima Bantuan Buku, Tim Perpusnas RI: 500 Eksemplar untuk PPDM Sungai Cubadak
Serah Terima Bantuan Buku, Tim Perpusnas RI: 500 Eksemplar untuk PPDM Sungai Cubadak
Serah Terima Bantuan Buku, Tim Perpusnas RI: 500 Eksemplar untuk PPDM Sungai Cubadak

Baso, Humas -- Pondok Pesantren Darul Makmur (PPDM) Sungai Cubadak mendapat kunjungan dari tim Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Jum’at (8/7) pagi. Kunjungan tersebut dalam rangka serah terima bantuan buku siap layan untuk perpustakaan pondok pesantren. Bertempat di kampus dua PPDM Sungai Cubadak.

Buku-buku itu diterima langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren (Marwan Abbas, S.Pd.I.), didampingi Kepala Madrasah tingkat Tsanawiyah (Ridha Albiy, S.Pd.I., M.Pd.), Kepala Perpustakaan (Eliza Rahmi), Kaur TU tingkat Tsanawiyah (Yuliya Indriyani (S.Pd), dan Wakil Kepala bagian Kurikulum tingkat Tsanawiyah (Wiza Novia Rahmi, S.Pd).

Dalam sambutannya, Fauzi selaku perwakilan dari Perpusnas RI berharap agar bantuan buku yang telah diserahkan dapat meningkatkan literasi bagi santri di pondok pesantren. Sebab keterkaitan literasi dan pondok pesantren sangat membawa dampak positif bagi kemajuan lembaga itu sendiri. Karenanya, perpustakaan nasional bergerak mewujudkan literasi santri dengan memberi bantuan buku siap layan kepada pondok pesantren, khususnya bagi yang telah melewati sesuai prosedur yang ditetapkan.

Sebelumnya, pada awal tahun 2022 kemarin PPDM Sungai Cubadak telah dikunjungi tim Perpusnas RI. Dua orang tim yang datang ke PPDM bertugas memverifikasi dan melihat kelayakan serta kondisi perpustakaan yang ada di PPDM. Dalam kedatangannya kala itu, ia berjanji bahwa bila tidak ada kendala serta PPDM dinyatakan layak untuk mendapatkan bantuan buku, maka akan diantarkan di akhir tahun. Namun ternyata lebih cepat dari yang diperkirakan.

Sebanyak 500 eksemplar buku dengan 250 judul sudah berada di perpustakaan PPDM. Menjelang tahun ajaran baru akan dipersiapkan segala sesuatu terkait peminjaman, baik oleh santri maupun majelis guru.

“Insyaallaah (buku-buku ini) akan kami pergunakan dengan sebaik-baiknya, dan tentunya menjadi sebuah harapan bagi kami jika ada tahun depan, kami bersedia kembali menerimanya.” Ujar Marwan Abbas, S.Pd.I., selaku Pimpinan Pondok Pesantren Darul Makmur Sungai Cubadak kepada tim Perpusnas RI yang bertugas.

Kegiatan yang berlangsung hingga pukul sebelas itu ditutup dengan foto bersama di halaman kampus dua PPDM Sungai Cubadak. Setelahnya, tim Perpusnas RI bergerak menuju pondok pesantren lainnya untuk melakukan kegiatan serupa. Sebab untuk Kabupaten Agam khususnya, terdapat lima pondok pesantren yang juga memperoleh bantuan buku siap layan. || WNR