Semarak Menyambut Tahun Baru Islam I Muharram 1444 H

Semarak Menyambut Tahun Baru Islam  I Muharram 1444 H

Baso, Humas -- Berdasarkan kalender nasional Tahun Baru Islam 2022 atau 1 Muharram 1444 Hijriah akan tiba, yaitu dimulai malam 29 Juli hingga malam 30 Juli 2022.

Tahun Baru Islam ini tentu memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim. Pasalnya, Tahun Baru Islam menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriah. Namun Tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah. Sudah semestinya kita mencukupkan diri dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Dengan demikian kegiatan penyambutan 1 Muharram 1444 H diadakan Lomba MTQ  tingkat Guru TK ( Taman Kanak-kanak ) se-Kecamatan Baso. Yang bertempat di Mushalla Nurul Huda Baso pada hari Rabu tanggal 2772022.

Hadir pada acara tersebut, Ka.KUA Kec. Baso, KWK  ( Koordinator Wilayah Kecamatan ) Kec. Baso, PPAI Kec. Baso, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Agama ( P3K ),  Guru TK se-kecamatan Baso, Staf KUA Baso, Panitia, Tokoh Masyarakat.

Ka. KUA Kec. Baso Ismail Roma apresiasi kegiatan penyambutan 1 Muharram 1444 H yang diangkatkan ini , serta memberikan motivasi kepada peserta MTQ, untuk  meningkatkan kwalitas baca al-Quran yang baik dan benar bagi tenaga pendidik. ungkap Ismail.

Ketua panitia acara Marwan Abbas tak lupa mengucapkan terima kasih kepada  semua pihak, dengan terangkatnya acara ini, dasar kegiatan ini diangkatkan adalah berdasarkan hasil musyawarah antar penyuluh agama yang ada di kecamatan Baso dengan Ka. KUA  beserta Staf dengan modal semangat dan tekat yang kuat tanpa ada celah pendanaan yang pasti, Allah Maha Pengasih dan Penyayang, tanpa diduga ada rezki yang diberikan Allah melalui hamba Allah. Akhirnya acara tersebut berjalan  baik dan lancar. Ujar Marwan

Mudah-mudahan kebersamaan dan kekompakan yang dijalin keluarga besar KUA Baso, bisa dipertahankan pada hari-hari berikutnya. Akhir ungkap Marwan( LS )