Kakankemenag  Apresiasi 7 Fasprov Asal  Kota Padang

Kakankemenag  Apresiasi 7 Fasprov Asal  Kota Padang

Padang, Humas -- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi mengapresiasi tujuh orang guru MTs dan pengawas madrasah tergabung dalam Fasilitator Provinsi (Fasprov) Sumatera Barat yang baru selesai mengikuti kegiatan Refreshment Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan  (PKB) Guru dan Tendik jenjang MI, MTs dan MA Zona 1 di Jakarta, 21-24 Juli 2022 dan Daring, 26-27 Juli 2022.

Ketujuh guru dan pengawas madrasah tersebut berasal dari 3 madrasah negeri, yaitu Idra Putri (Fasprov Bahasa Indonesia) dan Novi Yarli (Fasprov IPA) dari MTsN 1 Kota Padang, Rahmatullah (Fasprov Matematika) dari MTsN 5 Kota Padang, Ewayan Ekowati (Fasprov Bahasa Indonesia) dan Rusmardinata (Fasprov Matematika) dari MTsN 6 Kota Padang, Yulnaida (Fasprov Matematika) dari MTsN 7 Kota Padang, sedangkan Syafrullah merupakan pengawas madrasah dengan mata pelajaran Bahasa Inggris.

H. Edy menjelaskan bahwa  Program PKB merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik maupun kompetensi profesionalnya.  

Lanjutnya, Program PKB tersebut merupakan implementasi proyek Realizing Educations Promise: Support to Indonesia's Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education Quality Reform (MEQR)  tahun anggaran 2022.

“Program ini sudah dilaksanakan pemerintah, maka selayaknya kita mengikutinya,” tegasnya.

"Maka melalui Program PKB fasilitator dan guru diharapkan lebih cerdas dan  mampu berinovasi, berkreasi serta mengaplikasikannya apalagi banyak kesempatan untuk belajar mempraktikkan ilmu yang sudah diperoleh tersebut," ujarnya.

Keberadaan Fasprov ini sudah merupakan nilai lebih bagi keluarga besar Kemenag Kota Padang, karena dari 17 orang Fasprov MTs  Sumbar, tujuh orang berasal Kota Padang, jelas H. Edy.

Usai mengikuti refreshment ini diharapkan H Edy Fasprov  bisa menyusun strategi untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh melalui MGMP mata pelajarannya.

Karena menurutnya MGMP berupakan wadah untuk tumbuh dan kembangnya kreativitas dan inovatif seorang guru.

"Fasprov Kota Padang diharapkan bisa berkolaborasi dalam memberikan ilmunya kepada Fasda dan peserta di MGMP masing-masing Satuan kerjanya, " ungkapnya. 

"Kegiatan Fasprov tidak hanya sampai di sini saja karean sangat banyak peluang untuk berkembang dan mengembangkan potensi diri", ajak H.  Edy.

Sementara itu, Idra Putri salah seorang perwakilan Fasprov saat dimintai keterangannya mengatakan bahwa materi yang diperoleh Fasprov selama kegiatan refreshment antara lain.

"Teknik Fasilitasi, Gedsi (penyetaraan gender), bedah modul PKB, Toleransi Keberagaman,  Pembelajaran Aktif dan menyenangkan serta Monitoring, Evaluasi dan Penjaminan mutu," jelasnya seraya menyudahi. (HarisTJ)