Revitalisasi Makna Tahun Baru Hijriyah, OSIM/MPK MAN 4 Agam Gelar Muhasabah

Revitalisasi Makna Tahun Baru Hijriyah, OSIM/MPK MAN 4 Agam Gelar Muhasabah

Humas, Agam_  Rabu, 03/8/2022 Pada Selasa 02/8/2022 kemaren OSIM/MPK MAN 4 Agam menggelar acara muhasah dalam rangka revitalisasi makna tahun baru hijriyah, yang bertepatan dengan tahun 2022 M  ini telah menyentuh angka 1444 H.

Hal itu dibenarkan oleh Waka Kesiswaaan MAN 4 Agam, Erawati saat dikonfirmasi kru humas MAN 4 Agam di meja kerjanya. “Tahun ini OSIM/MPK MAN 4 Agam menggelar kegiatan muhasabah dalam rangka revitalisasi makna tahun baru hijriyah yang sudah menyentuh angka 1444 H. Kegiatan ini merupakan salah satu program OSIM dalam PHBI”.

Kegiatan yang bermakna mendalam itu dipusatkan di Aula MAN 4 Agam. Awalnya acara ini akan dipusatkan di Mesjid Baitul Halim komplek MAN 4 Agam, tetapi karena luas mesjid tidak memadai menampung seluruh siswa dan siswi MAN 4 Agam, maka diselenggarakan di Aula. Hal itu seperti yang disampaikan oleh Mitratur Rahmah, WAKA Sarana dan Prasarana MAN 4 Agam.

 Dipilihnya kegiatan muhasabah dalam peringatan tahun baru hijriyah 1444 H kali ini, memiliki dasar pemikiran yang kuat, hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala MAN 4 Agam dalam sambutannya “Muhasabah yang intinya penyadaran diri menengok ke belakang dan menatap masa depan yang gemilang merupakan cara memaknai dan revitalisasi tahun baru hijriyah yang tepat”.

Menjadi instruktur dalam kegiatan muhasabah ini, trainer Marva Edison. Beliau sekarang sedang menjabat sebagai kepala madrasah tahfizh Kata Hati di daerah Bukittinggi. Dalam uraian materi, beliau banyak menyampaikan trik penyadaran diri, introspeksi diri dan mempersiapkan masa depan yang gemilang.

“Biarkan masa lalu, yang penting siapkan masa depan. Jangan sampai terjadi usia 18 tahun tetapi kemampuannya setara umur 7 tahun. Maka bersiaplah menjadi orang yang spesial yaitu orang-orang yang bercirikan: diproduksi secara terbatas, memiliki keistimewaan dan super mahal!”, papar Marva memotivasi.

Tampak seluruh audiens yang merupakan siswa siswi MAN 4 Agam di dampingi majleis guru sangat antusias dan khusyuk mengikuti acara muhasabah ini. Tak terasa sampai acara ini harus berakhir seiring gema azan zuhur berkumandang. Kita berharap dari kegiatan ini membias jiwa-jiwa yang memikili penyadaran diri yang tinggi dan memiliki prosfek masa depan yang cerah. Desmayuni