Moderasi Beragama Jaga Keharmonisan Bangsa, Berikut Penjabaran Kemenag Kota Padang

 Moderasi Beragama Jaga Keharmonisan Bangsa, Berikut Penjabaran Kemenag Kota Padang

Padang, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H.  Edy Oktafiandi Berikan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama bertajuk Moderasi Beragama, dihadiri Pdt Danil Marpaung STh dan Pdt Siringoringgo serta Pdt Martino, bertempat di Gereja HKBP Nipah Kota Padang pada Selasa 2 Agustus 2022.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi bersama Kesbangpol dan FKUB Kota Padang sengaja bersilaturrahmi sekaligus Berikan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama bertujuan untuk menumbuhkan Rasa persatuan dan kerukunan pada seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai merauke.

"Hal ini dikarenakan Agama memiliki peranan penting dalam penjaga persatuan Indonesia. Jika ada perselisihan sedikit saja dalam hal keagamaan, maka akan tercipta banyak perang antar warga yang dapat merusak persatuan rakyat indonesia begitu juga di Kota Padang," ungkapnya.

Dikarenakan Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya paling majemuk di dunia, yang memiliki keragaman dalam hal agama, etnis, budaya, suku maupun ras.

“Keberagaman tersebut merupakan kekuatan yang dimiliki Indonesia,” ujar H. Edy.

Namun dalam implementasinya dinamika ekspresi keberagaman di era demokrasi terkadang berpotensi memunculkan ketegangan dan konflik antar masyarakat, antar umat beragama bahkan internal umat beragama.

"Oleh karena itu diperlukan moderasi salah satunya moderasi beragama untuk menjaga keharmonisan bangsa. Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik tingkat lokal, Nasional maupun Global," sambungnya.

Moderasi merupakan kebajikan yang mendorong terciptanya harmonisosi dan keseimbangan dalam kehidupan secara personal, keluarga dan masyarakat.

Ada beberapa kegiatan mulia tetapi rawan konflik yakni Pendirian rumah Ibadah, Penyiaran Agama, Bantuan Keagamaan, Perkawinan antar agama dan Pemularasan Jenazah.

Dipenghujung pemaparannya, H. Edy menghimbau kepada Forum Kerukunan Umat Beragama FKUB Kota Padang dan Para tokoh Agama mampu menjadi jembatan stategis bagi umat untuk menggerakkan Moderasi Beragama.

"Baik dalam keyakinan dan pemahaman keagamaan maupun tindakan kongkret dalam melakukan pencegahan, mediasi dan penyelesaian konflik antar umat beragama," ajaknya seraya menyudahi. (HarisTJ)