71,1 Persen Lulusan MAN 2 Kota Padang Diterima di PTN Ternama

71,1 Persen Lulusan MAN 2 Kota Padang  Diterima di PTN Ternama

Padang, humas - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Padang sukses mengantarkan 71,1 persen peserta didiknya yang lulus pada tahun 2022 di terima pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia.

Madrasah yang berada di Jln. Gajah Mada No.100 Gunung Pangilun Kota Padang ini merupakan salah satu madrasah favorit di Sumatera Barat yang telah banyak melahirkan lulusannya dari berbagai PTN terkenal di nusantara.

Kepada Mandupanews, kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi menjelaskan bahwa 71,1 persen atau 293 siswa lulusan tahun 2022 melanjutkan kuliah di PTN melalui berbagai jalur penerimaan.

"Rinciannya 9,95 % atau 41 siswa lulus melalui jalur SNMPTN ,30,8% atau 127 siswa lulus melalui jalur SPANPTKIN, 15% atau 62 siswa lulus melalui jalur SBMPTN, 7,28% atau 30 siswa lulus melalui jalur mandiri," kata Akhri Meinhardi, Senin (08/08/2022) di ruang kerjanya.

Sedangkan sisanya, kata Akhri Meinhardi, 1,94% atau 8 siswa lulus melalui jalur SNMPN, 1,21% atau 5 siswa lulus melalui jalur kedinasan, 1,7% atau 7 siswa lulus melalui jalur PMDP poltekes, 0,24% atau 1 siswa lulus melalui jalur simama poltekes, 1,7% atau 7 siswa lulus melalui jalur UMPTKIN dan 1,21% atau 5 siswa lulus melalui jalur undangan lain.

"Alhamdulillah persentase kita naik, data 71,1 persen itu berdasarkan jumlah siswa kelas XII tahun 2022 yakni 414 siswa. Mereka diterima dan kuliah di berbagai perguruan tinggi negeri seperti ITB, UGM, Unpad, Universitas Brawijaya, Unand, UNP, UIN dan PTN terkenal lainnya" tambah dia.

Lebih lanjut ia menuturkan, tidak mudah bagi madrasah untuk mengantarkan siswanya bisa diterima di PTN favorit. Menurutnya, berbagai arahan dan program dilakukan oleh wali kelas (walas), guru BK serta guru mata pelajaran dalam mengayomi siswa masuk PTN.

"Anak anak diberikan gambaran dan pandangan oleh tim untuk bisa masuk PTN sehingga anak tidak lagi berebut dalam memilih suatu jurusan, mereka masuk berdasarkan potensi dan bakat minat yang dimiliki," ujar Akhri Meinhardi.

Kepala madrasah mengapresiasi kinerja guru MAN 2 Kota Padang. Capaian itu menunjukan bahwa guru telah sukses mendidik serta membimbing siswa sehingga di terima di PTN.

"Berarti guru kita sudah menguasai 4 kompetensi, yakni kompetensi paedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Dengan kompetensi itu, semuanya berperan terhadap keberhasilan proses ini," tuturnya.

Dia berharap kepada siswa yang telah diterima di PTN, agar dapat menjaga nama baik madrasah. Dikatakannya, salah satu caranya adalah dengan berprestasi di kampus masing-masing.

"Melalui prestasi yang ditampilkan siswa yang lulus sekarang, itu akan berdampak kepada adik-adik kelasnya yang akan masuk di perguruan tinggi nantinya," pungkas Akhri Meinhardi. ArulDp rzk