Idra Putri Pantau Pelaksanaan ANBK MTsN 1 Padang

Idra Putri Pantau Pelaksanaan ANBK MTsN 1 Padang

Padang, Humas -- Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang Idra Putri memantau langsung pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan secara online Senin- Selasa, 08-09 Agustus 2022 diruang labor.

Kegiatan Simulasi tersebut diikuti oleh 50 orang siswa kelas VIII  yang terpilih secara random melalui data EMIS dengan rincian 45 orang peserta utama dan 5 orang peserta cadangan.

Kepala MTsN 1 Kota Padang, Idra Putri disela-sela kesibukannya memantau pelaksanaan Simulasi di ruang labor lantai 2 dikatakannya  bahwa Simulasi ini sebagai gambaran pelaksanan ANBK bagi siswa.

"Dengan mengikuti simulasi, minimal siswa memperoleh gambaran soal yang akan diujikan saat ANBK utama nantinya, jelas Idra.

Menurut Idra, meskipun ANBK ini tidak ada penilaian secara personal, namun langkah pemerintah dalam memetakan kemampuan dan pola pikir siswa melalui hasil ANBK perlu kita dukung.

"Apalagi soal- soal yang ditampilkan berbasis literasi dan cukup berbeda dengan soal- soal yang sering mereka hadapi dalam ujian sekolah/madrasah," terang Idra.

Sementara Itu, Andre Leo selaku Proktor menyampaikan sejauh ini  pelaksanaan ANBK di MTsN 1 Padang berjalan lancar, aman, dan tertib.

Ia menyatakan meskipun diawal pelaksanaan terdapat perubahan aplikasi pada siswa namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk mengikutinya.

Antusias dan semangat peserta terlihat dikarenakan soal-soal yang mereka temui di ANBK ini sangat menarik dengan variasi dan derivasi kalimat soal, ujar Andre.(Dafril.TB)*HTj