Kakan Kemenag Kota Pariaman Apresiasi ASN Yang Mau Berwakaf Tunai

Kakan Kemenag Kota Pariaman  Apresiasi ASN  Yang  Mau Berwakaf Tunai

Pariaman, Humas--Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Rinalfi menutup secara resmi kegiatan Sosialisasi Penguatan Wakaf Tunai yang dilaksanakan  di Gedung PLHUT Kankemenag Kota Pariaman, Kamis (11/8).

Kegiatan yang dilaksanakan satu hari ini diikuti antusias oleh peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural dan Fungsional, sebagian JFU, dan Wakif yang berjumlah 40 orang.

Kakan Kemenag berikan apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada panitia dan semua yang terkait sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kakan Kemenag yang juga di daulat sebagai peamateri pada kegiatan ini berujar bahwa wakaf merupakan proses untuk menyerahkan sebagian harta secara syariah agar bisa dimanfaatkan demi kepentingan umum. Harta yang diberikan bisa berupa bangunan, tanah dan uang. Jenis wakaf tunai atau wakaf uang sendiri memang seringkali dipraktikkan di negara Indonesia.

Menurut Kakan Kemenag bahwa wakaf tunai atau disebut juga wakaf uang merupakan salah satu amalan ibadah wakaf yang diberikan dalam bentuk uang cash atau tunai.

"Masyarakat mungkin lebih mengenal wakaf melalui pemberian tanah, tapi ternyata ibadah ini juga bisa melalui uang," ulas Kakan Kemenag meyakinkan.

“Wakaf uang perlu diberikan kepada orang yang tepat untuk mengelolanya secara jujur, yang nantinya wakaf uang akan digunakan untuk keperluan yang bermanfaat dan disalurkan kepada masyarakat umum sesuai dengan hukum syariat Islam yang berlaku,”jelas  Kakan Kemenag lagi.

“Saya sebagai Kakan Kemenag  merasa bangga dengan telah adanya kesadaran bagi ASN Kemenag Kota Pariaman untuk berwakaf tunai baik itu berjangka ataupun abadi. Harapan kita ke depannya bagaimana wakaf tunai ini bisa disosialisasikan dan ditularkan kepada pihak -pihak terkait seperti Pemko dan pelaku usaha  yang ingin berwakaf sehingga potensinya semakin dirasakan bagi kemaslahatan umat,” terang Kakan Kemenag lagi

“Kalaulah wakaf tunai ini dikelola secara baik dan profesional, tentu akan sangat besar potensinya dalam mendorong  sektor keuangan syari’ah untuk lebih maju dan kuat, karena wakaf tunai ini merupakan salah satu amalan ibadah wakaf yang diberikan dalam bentuk uang cash atau tunai yang penerapannya lebih strategis dan produktif  karena dapat digunakan untk mengembangkan  dan meningkatkan pemberdayaan umat,”ulas Kakan Kemenag mantap.

Dengan padatnya  kegiatan yang diikuti Kakan Kemenag akhirnya dirinya menyempatkan diri menutup kegiatan  Sosialisasi Penguatan Wakaf Tunai secara resmi dimana  paginya juga dibuka Kakan Kemenag yang  diwakili  Kasubbag Tu berhubung Kakan Kemenag mengikuti acara Peringatan Hari Anak Nasional bersama Pemko Pariaman di Pantai Sunur. (Rita)