MTsN 3 Agam dalam Rangkaian Kemeriahan Lomba HUT RI

MTsN 3 Agam dalam Rangkaian Kemeriahan Lomba HUT RI
MTsN 3 Agam dalam Rangkaian Kemeriahan Lomba HUT RI

Balingka, humas – Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, MTsN 3 Agam menggelar serangkaian acara lomba yang diikuti oleh seluruh warga madrasah pada Sabtu (13/8). Acara yang dimulai setelah rutinitas shalat dhuha dan tadarus pagi ini berlangsung heboh dan meriah.

Gelaran acara peringatan HUT RI ini dibuka oleh Kepala MTsN 3 Agam, Desmawita di tengah peserta lomba yang sudah memadati lapangan madrasah pagi itu. Usai pembukaan acara langsung dilanjutkan dengan lomba pacu baluik yang diikuti oleh guru dan pegawai perempuan. Usai pacu baluik, acara lomba dilanjutkan dengan lomba manggiliang lado dengan peserta kaum bapak. 

Tidak hanya sekedar lomba, terdapat makna tersirat dari setiap lombanya. Misalnya saja, dari lomba manggiliang lado tersirat makna ketelatenan dan kesabaran untuk menghidangkan cabe sebagai pelengkap lauk yang menggugah selera. Disamping itu, tentu saja momen lomba manggiliang lado bagi kaum bapak ini menjadi simbol kesiapan laki – laki untuk membantu pekerjaan perempuan maupun sebaliknya. Inilah yang menjadi pondasi dari keberhasilan suatu bangsa, kerja sama dan saling melengkapi.

Tidak mau kalah dengan Bapak Ibu guru, siswa pun ikut meramaikan gelaran HUT RI ini dalam lomba pacu karung dan pacu balon. Di mushalla para hafiz dan hafizah juga turut berlomba dalam kemeriahan hari jadi Indonesia.

Usai perlombaan, acara pun dilanjutkan dengam shalat zuhur berjamaah dan acara makan bersama hasil olahan belut dan cabe yang sudah digiling sebelumnya. 

“Melalui perlombaan ini semoga kita bisa membangkitkan kembali semangat juang 45 dan membangun jiwa patriot yang ada pada diri kita. Jayalah bangsaku, jayalah negeriku. Semoga rangkaian kegiatan kita hari ini mampu menjadi awal semangat baru mengisi kemerdekaan,” tutup Desmawita. (Deri)