Pembiasaan Kultum Setiap Selasa pagi di halaman MTsN 1 Kota Pariaman

Pembiasaan Kultum Setiap Selasa pagi di halaman MTsN 1 Kota  Pariaman
Pembiasaan Kultum Setiap Selasa pagi di halaman MTsN 1 Kota  Pariaman

Pariaman, Humas—Pembiasaan  Kultum pada  Selasa  pagi (30/8)  dilaksanakan di  halaman MTsN  1 Kota  Pariaman. Pelaksana Kultum adalah  perwakilan siswa  kelas IX-6,  Alifiansyah  dan  MC  adalah  Fiqra Firmansyah  dengan Wali Kelas, Olivia Martiana.

Alifiansyah  menyampaikan kultum dengan  tema Peristiwa  Hari Kiamat.Peristiwa terjadinya kiamat tidak akan pernah bisa  diketahui waktunya akan tiba. Peristiwa akhir  dari seluruh kehidupan dengan hancurnya seluruh alam semesta beserta makhluk  yang hidup. Kiamat  hancurnya  segala  alam semesta  beserta isinya, tak  ada  satupun  yang  tersisa, yang kita  kenal dengan Kiamat  Qubra. Ditandai  dengan  munculnya Dajjal, kemunculan Imam Mahdi, turunnya  Nabi Isa AS, munculnya Yakjuj dan Makjuj, terbitnya  matahari  dari Barat, munculnya  asap yang mematikan.

Dalam surat Al-A’raf ayat 187,  Allah  menegaskan bahwa  pengetahuan tentang Hari Kiamat hanya  dimiliki oleh Tuhan. Yang  kita  lakukan  bagaimana  memperbanyak amal  sholeh  yang diperbuat  agar  nantinya  selamat  hidup di dunia  dan selamat  hidup di akhirat  kelak. Kiamat  suqra,  berakhirnya sebagian kehidupan yang ada  di dunia. Kiamant ini biasanya  disebut  dengan kiamat  kecil, seperti  bencana  alam, kematian yang menimpa seseorang, “ujarnya.

Rudi  Hartono ( Waka. Kesiswaan)  menyampaikan, “  Siswa  yang tampil  harus memperhatikan waktu  yang dimiliki. Untuk Kultum, Kuliah Tujuh Menit)  dipergunakan  waktu satu menit  mukadimah, lima menit isi  materi dan  1 menit  kesimpulan, “ungkapnya.

Kepala  MTsN 1  Kota  Pariaman, Nur Eliwati,  menyampaikan, “ Supaya  siswa  yang tampil,  harus  maksimal  dengan baik.  Persiapkan  materi  yang baik dan selalu  percaya  diri  akan apa  yang dilakukan. Pergunakan  kesempatan  kultum  untuk  mengasah  kemampuan  dalam  menyampaikan syiar  Islam. Kesempatan  yang diberikan kepada  siswa  yang tampil untuk mempersiapkan  diri  dengan baik, sehingga  hasilnya  lebih baik  lagi. Pada nantinya  perwakilan kelas  yang bagus kultumnya   akan diberikan apresiasi  dan penghargaan,“ujarnya.  (tf)