Dua Guru MTsN Berbeda di Pasaman Barat, Ikuti Refreshment

Dua Guru MTsN Berbeda di Pasaman Barat, Ikuti Refreshment

Pasaman Barat, Humas – Dua orang guru bidang studi bahasa Indonesia dari dua Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) di Pasaman Barat, hari Kamis sampai Selasa, 8 – 13 September 2022, melalui dua tahap kegiatan mengikuti Refreshment Fasilitator Daerah (penyegaran bagi calon fasiltattor daerah) Jenjang MTs Zona 1. 

Kedua tenaga pendidik tingkat MTsN di Pasaman Barat itu adalah, Fatimah Melia, guru bidang studi bahasa Indonesia pada MTsN 4 Pasaman Barat di Simpang Empat (ibukota kabupaten) Kecamatan Pasaman, bersama Supriyanto, guru mata pelajaran yang sama pada MTsN 5 Pasaman Barat, Pematang Sontang, Kecamatan Sungai Aur.

Keikutsertaan mereka pada kegiatan selama lima hari dalam dua tahapan itu, berdasarkan undangan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor.1181.1/PMU. MEQR/HM/VIII/2022, tanggal 31 Agustus 2022. Salah satu alamat dari surat ini adalah kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Madrasah Aliyah program Khuusus (MAK), seperti MTsN 4 Pasaman Barat dan MTsN 5 Pasaman Barat.

Melalui surat Ditjend Pendis Kementerian Agama RI itu dijelaskan, refreshment bagi Fasda pada jenjang MTs di Zona 1, merupakan bagian dari program Realizing Education Promise (REP) dan Madrasah Education Quality Reform (MEQR), yang dilaksanakan dalam tahap kegiatan. Tahap pertama, tanggal 8 sampai 11 September 2022, dilaksanakan secara tatap muka di Swiss Balhotel Mangga Besar, Jakarta.

Tahap kedua, yang tanggal 12 dan 13 September 2022, penyegaran bagi calon fasilitator daerah untuk jenjang MTs di tahun 2022, dilaksanakan secara daring, melalui aplikasi zoom metting. Yang melaksanakn kegiatan secara daring ini hanya diikuti peserta dari Povinsi Aceh Nangroe Darussalam, Sumatera Utara, Sumatara Barat, Riau, Jambi Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, dan di Provinsi DKI Jakarta.

Ketua pelaksana kegiatan, Abdul Rauf, melalui surat pemberitahuan kegiatan, dan undangan peserta Refreshment Fasilitator Daerah (penyegaran bagi calon fasiltattor daerah) Jenjang MTs Zona 1 tahun 2022, menjelaskan, kegiatan ini merupakan komitmen pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas, kemandirian dan profesionalisme guru madrasah.

“Melalui program PKB berkelanjutan, khusus guru bidang studi bahasa Indonesia Zona 1 jenjang MTs tahun 2022, kualitas sekaligus mutu guru madrasah, khususnya yang mengikuti kegiatan ini akan meningkat, sehingga semua guru madrasah, hebat. Guru hebat, akan melahirkan siswa yang cerdas. Jika gurunya hebat, siswanya cerdas, maka madrasah bermartabat,” tegas Abdul Rauf, mengingatkan. (zar)

Kepala MTsN 4 Pasaman Barat, Gusmatenti, dan Kepala MTsN 5 Pasaman Barat, Syamsu, secara terpisah menyampaikan, Alhamdulillah di tahun 2022 ini ada dua guru bidang studi bahasa Indonesia dari madrasah negeri berbeda di Pasaman Barat, diberikan kesempatan mengikuti Refreshment Fasilitator Daerah, jenjang MTs di Zona 1. 

Untuk itu, Gusmayenti mengajak guru dari madrasahnya yang akan mengikuti penyegaran calon Fasda jenjang MTs tahun 2022, agar mengikuti penyegaran untuk calon fasiltator daerah se Pasaman Barat, megikuti kegiayan yang dimaksud dengan maksimal. “Manfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan maksimal, agar masing-masingnya sukses”, tambahnya. (zar)