Tinjau Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 di Sumatera Barat, Tim Pusat Berikan Apresiasi

Tinjau Pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 di Sumatera Barat, Tim Pusat Berikan Apresiasi

Padang, Humas--Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022 ini juga dipantau oleh Tim dari Kemenag RI. Hadir dalam rangka monitoring, Taswirman, dan Iman Hermawan turun langsung ke lokasi pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Tahun 2022 di MAN 2 Kota Padang yang ditugaskan dari Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI, Sabtu (10/09).

Tim Monev dari Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI ini akan memantau pelaksanaan KSM hingga hari terakhir yakni Minggu (11/09).

Dari laporan catatan Komite KSM Pusat menginformasikan bahwa pada hari pertama ini se Indonesia pelaksanaan KSM terpantau lancar, ini diketahui dengan sedikitnya pertanyaan di helpdesk pengawas dari para peserta. 

Sementara tingkat partisipasi rata-rata keseluruhan peserta sebesar 99,6%. Dan ada beberapa daerah yang masih mengalami pemadaman listrik, gangguan internet, dan banjir. Panitia pusat memberikan beberapa alternatif salah satunya menambah waktu bagi yang terdampak.

Namun, di Provinsi Sumatera Barat pelaksanaan KSM pada hari pertama ini bebas dari kendala teknis. 

Kepala Seksi RA pada Subdit Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Taswirman selaku ketua tim Monev dari pusat meapresiasi suksesnya penyelenggaraan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 di Sumatera Barat mulai dari persiapan, pembukaan hingga pelaksanaan dihari pertama. 

"Semoga besok dihari kedua hingga penutupan tidak ada kendala seperti hari pertama ini berjalan dengan baik, lancar dan sesuai yang diharapkan sehingga menyempurnakan kesuksesan ini hingga akhir acara," ujar Taswirman.

"Semoga dengan KSM ini akan mengangkat citra madrasah kepada yang lebih baik, semoga hasilnya nanti akan melahirkan ilmuan ilmuan islami yang ahli dalam bidang sains," harapnya. 

Kepada para peserta ia berpesan agar selalulah bergiat dan rajin karena segala pekerjaan yang kita usahakan dengan sungguh sungguh itu nantinya diakhir pasti akan berbuah manis. 

"Selamat kepada anak anak kami yang akan berjuang menuju Nasional," ucapnya diakhir. 

Kakan Kemenag Kab. Solok Selatan, H. Kasmir yang hadir di lokasi KSM untuk memberikan support kepada kontingennya menyampaikan rasa puasnya terhadap pelaksanaan KSM tahun ini. 

"Adanya kebijakan KSM tingkat Provinsi untuk tahun 2022 ini, dimana yang akan melaju ke Provinsi diambil juara 1,2 dan 3 merupakan kebijakan yang sangat bagus sekali, sehingga peluang Kabupaten Kota untuk melaju ke Nasional bisa terbuka semakin besar.

"Ini membuka peluang besar bagi peserta yang juara 2 dan 3 kembali berkompetisi di tingkat Provinsi untuk ke Nasional, bisa jadi ketika di tingkat  Kabupaten Kota juara 2 dan 3 ini memiliki kesalahan yang masih bisa diperbaiki di tingkat Provinsi, karena itu ini sungguh luar biasa, pelaksanaan KSM Tingkat Provinsi Tahun 2022 sudah bagus dan acara pembukaan juga sukses dan meriah,luar biasa, selamat kepada Bapak Kakanwil beserta seluruh paniti pelaksana yang sudah mensukseskan perhelatan ini," ujar H. Kasmir memberikan testimoninya.

Sementara salah seorang peserta, Aulia Ramanita Provinsi utusan MAN 1 Solok Bidang Study Fisika merasa senang sekali dengan adanya Kompetisi Sains Madrasah ini, karena membuka peluang bagi siswa siswi Madrasah bisa bertanding di luar Sekolah atau Madrasahnya baik di tingkat Kabupaten Kota, Provinsi, maupun Nasional nantinya. 

Terakhir ia berpesan kepada teman sejawatnya, agar terus melatih diri dan bagi yang sedang berkompetisilah dengan baik dan jujur serta tetap semangat. [DW]