Minus Tiga Orang, Komite KSM Provinsi : Hanya Dianggap Gugur, Tidak Ada Sanksi

Minus Tiga Orang, Komite KSM Provinsi : Hanya Dianggap Gugur, Tidak Ada Sanksi

Padang, Humas--Hari kedua Kompetisi Sains Madrasah terbagi dua jenjang pendidikan yakni Madrasah Tsanawiyah/ Sekolah Menengah Pertama untuk sesi awal dan sesi kedua jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. 

Sementara bidang studi yang di ujikan pada jenjang Madrasah Tsanawiyah/ Sekolah Menengah Pertama adalah Matematika, IPA dan IPS dan jenjang MI/ SD bidang studi Matematika dan Sains

Jumlah peserta ujian untuk tingkat MTs/ SMP adalah 171 orang dengan rincian bidang studi IPS 57 orang, bidang studi IPA 57 orang, tidak hadir satu orang jadi hanya 57 orang, bidang studi Matematika 57 orang,  Dari informasi panitia ada satu orang peserta yang tidak hadir jadi jumlah peserta hadir jenjang MTs/ SMP adalah170 orang. 

Adapun siswa yang tidak hadir pada jenjang MTs/ SMP atas nama Fairuzy Andine Hafiz bidang studi IPA dari Pasaman Barat. 

Sementara untuk sesi kedua yaitu jenjang Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar bidang studi yang di ujiankan Matematika dan Sains. Jumlah peserta 110 orang dengan rincian Bidang studi Matematika jumlah peserta 55 orang, bidang studi Sains 55 orang, tidak hadir dua orang dari bidang studi Matematika dan Sains masing masing satu orang, jadi jumlah peserta jenjang MI/ SD yang mengikuti yaitu 108 orang. 

Dua orang yang tidak hadir tersebut berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai atas nama Fauziah Arvanauli, bidang studi Sains dan atas nama Keysha Aulia, bidang studi Matematika.

Menurut Sekretaris Komite KSM Provinsi, H. Afrizal, tidak ada informasi pasti alasan ketidak hadiran peserta tersebut. Pastinya tentu dikarenakan halangan yang benar benar membuat mereka tidak bisa mengikuti Kompetisi ini. 

Terkait sanksi, H. Afrizal yang juga Subkoordinator Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Penmad Kanwil Kemenag Sumbar ini mengatakan kepada humas, "Tidak ada sanksi apapun bagi siswa yang tidak hadir, pastinya mereka dinyatakan gugur dan tidak ikut Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Tahun 2022 ini, semoga jika dikarenakan sakit segera disembuhkan dan jika karena halangan lain semoga diberi kemudahan sehingga untuk tahun depan bisa kembali mengikuti KSM lagi," usainya.

Sesi kedua jenjang MI/ SD ini menutup ujian Kompetisi Sains Madrasah Kantor Wilayah Tingkat Provinsi Tahun 2022.[DW]