Kemenag Dan FKUB Pasaman Gemakan Tahun Toleransi

Kemenag Dan FKUB Pasaman Gemakan Tahun Toleransi

Pasaman, Humas—Wujud komitmen untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa ini, ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman dan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pasaman menggemakan tahun toleransi 2022 ini.

Kepala kantor Gusman Piliang Senin (12/9) mengatakan, Tahun toleransi sebagai rancangan Pemerintah melalui Kemenag untuk semakin memperkuat keutuhan, kerukunan serta kedamaian negara ini.

Disampaikannya, tahun toleransi menjadi wujud dan komitmen bersama dalam merawat toleransi, baik sosial maupun agama demi memperkuat NKRI sebagai bangsa yang kuat.

Lebih lanjut Gusman mengungkapkan sebagai bukti mendukung tahun toleransi ini, Kemenag Pasaman terus melakukan dialog-dialog dengan tokoh-tokoh agama dan ormas-oramas yang ada di Pasaman. Memberikan pemahanan baik mengenai moderasi beragama maupun konsep toleransi atau yang disebut dalam Islam Tasamuh.

Juga, disampaikannya melakukan koordinasi lintas instansi Pemerintah, baik dengan Bupati, Wakil Bupati maupun Forkopinda.

Selain itu, Kemenag terus menggiatkan FKUB Pasaman untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan mempererat kerukunan umat beragama di ranah ini.

Gusman mengatakan, dengan melaksanakan bermacam kegiatan toleransi ini bertujuan menjadikan Pasaman sebagai daerah hiterogen yang mampu merawat kerukunan antar serta intra  umat beragama, hidup berdampingan dengan perbedaan yang ada namun bertoleransi, saling menghormati dan bahu-membahu dalam memajukan daerah.

Kakan juga meminta kepada Penyuluh Agama Islam Pasaman untuk turut mengkampanyekan tahun toleransi, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat binaan tentang toleransi serta moderasi beragama.

Dikatakan oleh Ketua FKUB Kabupaten Pasaman Idrus, FKUB sendiri dari tahun 2021 telah mengkampanyekan tahun toleransi dan menggelar beragam kegiatan dialog antar tokoh dan pemuda lintas agama.

“Kemarin (9/9), FKUB Pasaman melaksanakan Dialog Kerukunan Umat Beragama di Bukittinggi dengan mendatangkan pembicara Kakankemenag, Ketua FKUB Sumatera Barat Bapak Prof.Duski Samad dan Kepala Badan Kesbangpol Pasaman”,terang Idrus.Ph_ysf