Kabag Kesra dan Kakan Kemenag Pasbar Bahas MTQ Pasaman Barat

Kabag Kesra dan Kakan Kemenag Pasbar Bahas MTQ Pasaman Barat

Pasaman Barat, Humas - Guna mematangkan persiapan dan teknis pelaksanaan MTQ,(Musyabaqah Tilawatil Quran) Nasional XI Pasaman Barat, Sumatera Barat, bulan November 2022 depan, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pasaman Barat, Hartasani, Selasa (13/9) temui Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur di ruang kerjanya, Simpang Empat.

Kunjungan Kabag Kesra, didampingi Kasubag Agama, ikhsan, diterima kepala instansi vertikal tingkat kabupaten itu, Muhammad Nur, yang diikuti Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Ronaldi, Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (Pakis,), Rali Tasman, dan Pranata Humas Ahli Muda, Gusmizar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Pasaman Barat, Muhammad Nur, pada kesempatan itu menyampaikan, paling tidak ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian selanjutnya ditindaklanjuti Tim Kerja bersama pihak panitia pelaksana, menjelang, saat dan selesai MTQ dilaksanakan.

Tim Kerja, ulas kepala kantor, memikirkan dan menyiapkan persiapan dan teknis kegiatan yang akan dilaksanakan, mulai persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut dari penyelenggaraan MTQ yang akan dilaksanakan di tempat (lokasi) kegiatan, seperti di Kecamatan Parit Koto Balingka, yang telah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional tingkat kabupaten.

Tim kerja, katanya, juga harus menyiapkan perangkat kegiatan, mulai dari kesediaan berikut kehadiran dewan hakim, sejumlah piala, sejumlah sertifikat, penentuan jenis lomba, jika peserta yang mendaftar tidak mencapai standar lomba, dan tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan panitia pelaksana, selaku tuan rumah.

Selain itu, terang Muhammad Nur, tim kerja juga menyiapkan aturan teknis dan tata tertib setiap cabang lomba yang akan dilaksanakan. Termasuk pengadaan perangkat yang dibutuhkan di saat aneka cabang lomba dilaksanakan, seperti blanko penilaian, nomor peserta, nomor tampil peserta, dan berbagai bentuk administrasi lain yang dibutuhkan.

Khusus kemitraan antara tim kerja dengan panitia pelaksana (selaku tuan rumah), tambah Muhammad Nur adalah, menyampaikan visi dan persepsi antara tuan rumah dengan semua pihak yang terlibat, seperti pemilik rumah yang dijadikan sebagai penginapan kafilah berikut ketersediaan sarana konsumsi, penyamaan menu makanan yang disajikan di setiap penginapan, kelengkapan sarana MCK dan sebagainya.

Kabag Kesra Setda Pasaman Barat, Hartasani, dihadapan kepala kantor, juga sebagai ketua umum penyelenggaraan MTQ Nasional XI Pasaman Barat, menjelang hari "H" pelaksanaan MTQ, pihaknya secara berkesinambungan melakukan koordinasi, konsolidasi dan komunikasi dengan semua pihak, termasuk dengan pihak panitia pelaksana.

Terkait jadwal kegiatan selama pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten nantinya, ulas Kabag Kesra itu, hingga saat ini masih dalam persiapan dan filanilasi teknis. Pada beberapa hari ke depan, Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, akan menandatangani jadwal penyelenggaraan MTQ, dan selanjutnya akan didistribusikan kepada tim kerja dan panitia pelaksana, selaku tuan rumah kegiatan.

Ketua LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) Pasaman Barat, Hendra Putra, mengakui, secara kelembagaan dan program kerja organisasi, pihaknya tentu merasa bertanggung jawab dan berkewajiban mendukung sukses dan lancarnya penyelenggaraan MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Parit Koto Balingka, beberapa waktu ke depan.

Di hari bersamaan, Kabag Kesra, didampingi Kasi Bimas Islam, Ronaldi, meninjau lokasi, sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional XI Pasaman Barat. Selama berada di Kecamatan Parit Koto Balingka, Kabag Kesra dan Kasi Bimas Islam, sekaligus sebagai unsur tim kerja, didampingi tim panitia pelaksana, meninjau rumah warga yang dijadikan posko kafilah setiap kecamatan se Pasaman Barat. (gmz)