Kakanwil Helmi Launching HAB Kemenag ke 77 di Kota Solok

Kakanwil Helmi Launching HAB Kemenag ke 77 di Kota Solok

Kota Solok, Humas--Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 77 Tahun 2023, tanggal 3 Januari merupakan peringatan hari lahirnya Kementerian Agama (Kemenag) RI yang disebut Hari Amal Bakti. Sehubungan dengan tersebut Kemenag Kota Solok menggelar Launching Peringatan HAB Kemenag yang diadakan Senin tanggal 14 September 2022 berlangsung di Halaman Kantor Kemenag, kegiatan dibuka langsung Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumbar, H. Helmi.

H. Helmi memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Kantor Kementerian Agama Kota Solok dan Pemda Kota solok yang telah berkolaborasi dengan baik, sehingga pembangunan keagamaan di Kota Solok berjalan dengan baik. Juga terhadap Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, walau hampir pensiun masih bersemangat melaksanakan kegiatan ini.

KaKanwil menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan yang sangat penting, Pokja Moderasi Beragama sudah tertuang dalam rencana Pembangunan Jangka Menengah Indonesia bukan saja Kementerian Agama.

Harapan Kakanwil dengan adanya Pokja Moderasi Beragama bisa melaksanakan program-program Moderasi Beragama di Kota Solok dan bisa menjadikannya terarah dan semakin terprogram,.apapun kegiatan yang membutuhkan nara sumber harus melewati Pokja. Untuk menjaga mutu Moderasi”sampainya.

Kemudian Apresiasi dan penghargaan kepada Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kota Solok, dalam memberikan kontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa sangat  dibutuhkan. Adanya Program Inkubasi untuk Ponpes.

Terakhirnya Kakanwil memberikan apresiasi kepada jajaran Kemenag Kota Solok. Kota solok adalah daerah yang pertama melaunching HAB Kemenag ke 77 Tahun 2023. Mari kita hormati para pejuang terdahulu dan jaga selalu Eksistensi dari Kementerian Agama.

Sementara, H. Afrizal, Kepala Kantor Kementeriaan Agama Kota Solok juga mengungkapkan, terima kasih kepada Panita Pelaksana HAB Kemenag dan aparat terkait yang telah mendukung kegiatan Launching HAB Kementerian Agama ke 77, juga ucapan terima kasih kepada Pemda Kota Solok yang telah membantu pembangunan Gedung lantai 2 MIN Kota solok.

"Pemerintah Kota Solok sangat memperhatikan kemajuan keagamaan di Kota solok, dibuktikan dengan banyaknya bantuan yang diberikan Pemda Kota Solok terhadap bidang Keagamaan terkhusus Bapak Kanwil Kemenag disela kesibukan beliau masih bisa menghadiri kegiatan di Kota Solok," ujarnya.

Kakan Kemenag juga mengatakan, Kota Solok masih merupakan daerah yang rawan sebab merupakan daerah persimpangan, maka dikuatkan dengan pembentukan penguatan  Moderasi Beragama dengan membentuk Pokja, ditambah dengan telah adanya empat Pondok Pesantren berdiri dikota Solok, semoga semua persoalan keagamaan bisa diatasi dengan baik,” katanya.

“Moderasi adalah proses sedangkan tujuannya adalah Toleransi , Solok Kota Beras Serambi Madinah yang diberkahi Maju dan Sejahtera, merupakan visi dan Misi Kota solok Pemda Kota Solok akan menjadi Garda terdepan untuk pembangunan bidang keagamaan, dibuktikan dengan berdirinya 10  masjid/mushalla  dan 20 masjid/ Mushalla yang direhab, juga Pembangunan Sumbar Daya Manusia dengan memberikan Insentif bagi guru-guru MDA se Kota Solok juga melaksanakan sosialisasi Sertifikas Akreditasi terhadap Guru-guru MDTA se Kota solok,” ungkap Irsyad Kabag Kesra yang mewakili Walikota solok.

“Forum Pondok Pesantren disilahkan melaksanakan proses Modernisasi di Pondok  Pesantren sebab bagi masyarakat Minang Kabau, moderasi merupakan hal biasa yang membuat kita unggul,” tambahnya.

Sebelumnya laporan ketua pelaksana, H. Amril menyampaikan, Kegiatan dilaksanakan berdasarkan, dengan telah keluarnya Surat keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, tentang penetapan Pokja Moderasi Beragama dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Solok, Penetapan pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kota Solok dan Penetapan Panitia Pelaksana Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023 tujuan dari kegiatan, untuk mendukung dan melaksanakan Program Penguatan Moderasi beragama,dan meningkatkan Komunikasi dan Koordinasi antar Pondok Pesantren se Kota Solok serta memeriahkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023.

Selanjutnya H. Amril mengatakan, jenis kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Pengukuhan Pokja Moderasi Beragama dan Pengukuhan pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren Kota Solok, serta kegiatan pertandingan Olahraga tenis meja, Lomba Keagamaan, Lomba Lagu duet Pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Kota solok, Lomba penilaian ASN berprestasi, Penilaian Jamaah Subuh Masjid Teramai dan kegiatan Anjang sana, gerak jalansantai, Pawai RA se Kota Solok, terakhir mengikuti Upcacara HAB kemenag ke 77 dan Ke Kanwil Provinsi Sumatera Barat.

H. Helmi juga melakukan kunjungan SBSN ke MTsn Kota Solok. Kegiatan dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama  Kota Solok, Kepala Madrasah, Pemda Kota Solok, Guru dan pegawai Madrasah, Tim Tari MIN Kota Solok. (helda/Rina)