Kapolres Pessel Apresiasi dan Dukung Penuh Unit Pengendalian Gratifikasi Kemenag

Kapolres Pessel Apresiasi dan Dukung Penuh Unit Pengendalian Gratifikasi Kemenag

Painan, Humas -- Untuk meningkatkan sinergi dan mewujudkan integritas, serta birokrasi yang bersih dan melayani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan, Abrar Munanda melakukan koordinasi dengan Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Novianto Taryono, di ruang kerja Kapolres Pessel, Kamis (22/9).

Abrar Munanda menyebutkan selama ini telah terjalin kerjasama yang erat serta efektif antara Polres Pesisir Selatan dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Selatan, seperti kerja sama di dalam memaksimalkan capaian hasil vaksinasi Covid-19 dalam program satu juta vaksin dan kemudian kegiatan-kegiatan penyuluhan agama yang diberikan bagi penghuni rumah tahanan yang ada di Polres Pesisir Selatan serta kegiatan-kegiatan dengan madrasah, baik itu pramuka, anti narkoba dan lain sebagainya.

Pada pertemuan tersebut Abrar Munanda berharap kerja sama yang telah terjalin selama ini akan semakin memperkuat pelaksanaan tugas dan fungsi, serta langkah-langkah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan dalam membangun Zona Integritas.

"Salah satu upaya kita untuk mendorong terciptanya Zona Integritas dan wilayah bebas dari Korupsi adalah dengan menetapkan Unit Pengendalian Gratifikasi," ungkap Abrar Munanda.

"Unit ini bertugas untuk melakukan pengawasan, penyadaran dan pemberian informasi tentang bagaimana caranya untuk menghentikan atau mencegah terjadinya pungutan liar, gratifikasi atau pun korupsi di seluruh lini pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama baik itu yang ada di kantor kemenag, di madrasah, dan di KUA kecamatan," jelasnya.

Abrar Munanda menambahkan, tentunya pihak yang memiliki kewenangan dan kompetensi untuk melakukan pembinaan terhadap Unit Pengendalian Gratifikasi ini adalah Polres Pesisir Selatan dan juga dari Kejaksaan Negeri Painan.

Kapolres Novianto Taryono sangat mengapresiasi, dan berkenan untuk melakukan pendampingan terkhusus dalam pelaksanaan tugas-tugas Unit Pengendalian Gratifikasi dan Pungli di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan.

"Kita sangat mengapresiasi dan akan dukung sepenuhnya terhadap apa yang telah dilakukan Kankemenag Pessel dan siap untuk melakukan sosialisasi anti gratifikasi dan juga melakukan pembinaan melalui Tim Saber Pungli Polres Pesisir Selatan," ujar kapolres.

Kapolres Novianto menegaskan bahwa pihaknya siap untuk melakukan pembinaan, pengawasan terhadap pelayanan-pelayanan yang diberikan di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan agar bisa sesuai dengan yang telah diatur untuk pelaksanaan tersebut.

Pada akhir pertemuan silaturrahim yang penuh dengan kekeluargaan ini Kakan Kemenag, Abrar Munanda berharap kiranya Kapolres berkenan untuk bisa memberikan pencerahan dan pembinaan kepada seluruh ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesisir Selatan pada waktu-waktu yang akan datang.

Hal tersebut disambut baik oleh Kapolres dan akan ditindaklanjuti secara bersama-sama. (zn)