Buka Bimtek PHU, Kakanwil : Laporan Keuangan, Kunci Sukses Kegiatan

Buka Bimtek PHU, Kakanwil : Laporan Keuangan, Kunci Sukses Kegiatan

Padang, Humas--Inti dari setiap kegiatan adalah pelaporan keuangannya, suksesnya kegiatan tersebut berakhir pada suksesnya pelaporan keuangan kegiatan. Karena setiap kegiatan yang menggunakan dana negara akan diminta pertanggung jawabannya berbentuk pelaporan keuangan. 

Urgennya kegiatan ini dalan rangka meningkatkan kualitas dan akuntabilitas penyajian pengelolaan dan laporan keuangan operasional haji, maka Kanwil Kemenag Sumbar melalui Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengadakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Dan Pelaporan Keuangan PKOH Tahun 1443 H / 2022 M di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar bertempat di Hotel Hayam Wuruk Padang, Senin (26/09).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kememterian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Kabid PHU, diwakili Subkor Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar, H. Uswatman.

Kakanwil, H. Helmi dalam sambutannya meapresiasi terlaksananya Bimtek ini, menurutnya kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat pertanggung jawaban yang harus dilakukan setiap merealisasikan uang negara. 

Ditambahkannya, "Suksespun kita melaksanakan kegiatan, tapi tidak sukses pelaporannya maka tetap bermasalah, karena itu kegiatan ini sangatlah penting."

Dalam kesempatan tersebut Kakanwil juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Haji 1443 H/ 2022 M dinilai sukses oleh banyak kalangan, baik internal di Kemenag maupun eksternal, baik dalam maupun luar negeri, dan ini adalah kesuksesan semua pihak.

"Kesuksesan ini merupakan raihan yang luar biasa mengingat penyelenggaraan ibadah haji tahun ini waktu persiapannya sungguh kasip dan biaya haji yang juga naik," jelasnya. 

Ditambahkannya lagi, dari segi evaluasi berbagai sisi, nilai tertinggi diberikan kepada petugas tahun ini.

 "Ada beberapa poin yang menjadi evaluasi adalah minimnya petugas perempuan, rekrutmen calon petugas haji akan dilakukan lebih awal dan akan direkrut melebih dari kebutuhan sehingga bisa dipantau terus mana yg lebih baik," ujar Kakanwil lagi. 

Terakhir Kakanwil menginformasikan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan oleh Bidang PHU di seluruh Indonesia, namun Sumbar menjadi satu satunya yang dihadiri langsung oleh Direktur Pengelolaan Dana Haji dan SIHDU. 

Sementara, H. Uswatman, Subkor Pendaftaran dan Dokumen Haji Reguler Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumbar dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni, pertama, menyampaikan pemahaman tentang regulasi keuangan penyelenggaraan ibadah haji.

Kedua, meningkatkan koordinasi dan singkronisasi data dan informasi tentang pengelolaan keuangan haji. Ketiga, memotivasi kemampuan peserta agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan petunjuk teknis pengelolaan keuangan haji dalam Melayani Calon Jemaah Haji.

Keempat, mengembangkan kompetensi peserta dalam pengelolaan keuangan Operasional penyelenggaraan ibadah Haji. Kelima, mempersiapkan PPK dan Pengelola untuk bisa membuat Laporan Keuangan PKOH sesuai Peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Keenam, terlatihnya 48 orang (empat puluh Delapan orang) PPK dan Pengelola di Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang terampil, berwawasan dan professional dalam penyusunan laporan keuangan. Ketujuh, untuk menyamakan persepsi dan meminimalisir kekeliruan dalam penginputan dokumen sehingga dapat tercapai Laporan Keuangan yang transparan, akurat dan akuntable serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Adapun peserta dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini mulai dari tanggal 26-28 September 2022 berjumlah 50 orang terdiri dari, 19 Kepala Seksi PHU Kemenag Kabupaten Kota se Sumbar beserta 19 Pengelola Dana PKOH dan 12 ASN di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar yang relevan dengan kegiatan tersebut. [DW]