H. Syafrizal Ajak Jajaran Sukseskan Tahun Toleransi dengan Meningkatkan Kerukunan

H. Syafrizal  Ajak Jajaran Sukseskan Tahun Toleransi dengan Meningkatkan Kerukunan
H. Syafrizal  Ajak Jajaran Sukseskan Tahun Toleransi dengan Meningkatkan Kerukunan
H. Syafrizal  Ajak Jajaran Sukseskan Tahun Toleransi dengan Meningkatkan Kerukunan

Padang Pariaman, Humas – Mari kita berkomitmen untuk meningkatkan toleransi dalam menyukseskan dan menyongsong tahun 2022 sebagai tahun toleransi beragama.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, saat membuka kegiatan Pembinaan Kerukunan Umat Beragama Tahun 2022, di Aula Serbaguna Rumah Makan Sambalado, Pariaman, Senin (26/09/2022).

Dalam laporannya, Kasubbag Tata Usaha sekaligus Ketua Pelaksana, Mukhlis M mengatakan, kegiatan ini mengusung tema “Tingkatkan Kerukunan dalam Menyambut Tahun Toleransi”.  

Kegiatan ini diikuti sebanyak 44 peserta. Terdiri dari, Kepala KUA Kecamatan dan Penyuluh Agama Non PNS se Kabupaten Padang Pariaman, Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Padang Pariaman serta perwakilan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerukunan antar dan inter umat beragama serta mempererat tali silaturrahmi dalam menyongsong tahun toleransi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama," jelas Mukhlis.

Bertindak sebagai narasumber, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, Ketua FKUB Provinsi Sumbar, Prof. Dr. H. Duski Samad, Ketua FKUB Kabupaten Padang Pariaman, H. Ali Idris dan Kepala Kesbangpol Padang Pariaman, Sadril jelas Mukhlis M.

Sementara itu, dalam arahannya Kepala Kankemenag menyampaikan kegiatan ini merupakan implementasi program unggulan dari Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Moderasi Beragama. Kementerian Agama melalui Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas, mendukung pencanangan tahun 2022 sebagai tahun toleransi.

“Toleransi adalah salah satu indikator Moderasi Beragama. Untuk itu, melalui FKUB ini, mari kita senantiasa meningkatkan kerukunan sehingga dapat merajut Kebhinekaan yang bermuara kepada suksesnya Tahun Toleransi,” ujar H. Syafrizal.

Kakan Kemenag menambahkan, Menteri Agama berkomitmen untuk mewujudkan Indonesia sebagai barometer toleransi di dunia. Untuk itu, dibutuhkan peran Kementerian Agama Kabupaten/Kota melalui penyuluh dan penghulu serta FKUB, dalam mewujudkan komitmen tersebut.

“Mari kita wujudkan komitmen pemerintah melalui Menteri Agama untuk menyukseskan tahun toleransi beragama 2022,” himbau Ka. Kankemenag.

“Selamat mengikuti kegiatan semoga Allah merahmati pertemuan kita ini. Dan kita semua menjadi umat yang toleran,” pungkasnya. (edo)