Waspadai Kecurangan PTS, MAN 2 Padang Siapkan Puluhan Pengawas

Waspadai Kecurangan PTS, MAN 2 Padang Siapkan Puluhan Pengawas

Padang, humas -- Ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) 2022 di MAN 2 Padang memasuki hari ke 2. Madrasah mempersiapkan puluhan pengawas untuk mewaspadai segala bentuk kecurangan yang dilakukan peserta ujian.

Yuliasman menyebut, pihaknya telah menyusun strategi mencegah upaya peserta bertindak curang selama proses ujian. Pengawas harus sigap memonitor kecurangan bermodus apapun.

"Kalau bertanya antar peserta, itu cara lama, sekarang ditemukan peserta memakai aplikasi lain untuk masuk ujian," ucap Yuliasman, ketua panitia PTS MAN 2 Kota Padang, diruang panitia, Selasa (27/09/2022).

Namun, kata yuliasman, berkat kesiapan pengawas dan tim IT, kecurangan bermodus memakai aplikasi selain Fly Exam dapat diidentifikasi.

Yuliasman meminta kepada seluruh pengawas agar jeli memantau gerak gerik peserta ujian. Setiap gerak gerik yang mencurigakan harus menjadi perhatian serius pengawas ujian.

"Kami sampaikan kepada pengawas untuk tetap waspada, yang namanya kecurangan, tentunya akan ada modus-modus lain yang dilakukan peserta ujian," tutur Yuliasman.

MAN 2 Kota Padang mengerahkan 80 pengawas yang tersebar dari berbagai lokal yang terdiri kelas XII 23 lokal, kelas XI 29 lokal dan kelas X 25 lokal. Mereka dibagi dalam 3 shift. Masing-masingnya mengawas untuk 1 ruangan ujian.

Penilaian Tengah Semester digelar secara online dengan menggunakan aplikasi Fly Exam dan akan berlangsung hingga 07 Oktober 2022 mendatang. ArulDp