Miswan Minta Penghulu Sumbar Lahirkan Layanan Berbasis Digital

Miswan Minta Penghulu Sumbar Lahirkan Layanan Berbasis Digital
Miswan Minta Penghulu Sumbar Lahirkan Layanan Berbasis Digital

Padang, Humas--Revitalisasi KUA salahsatu program prioritas Kementerian Agama. Perhatian terhadap KUA menjadi fokus Kementerian Agama dengan membangun sarana prasarana melalui SBSN dan pembangunan Sumber Daya Manusianya terutama, Penghulu.

Hal ini diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha, H. Miswan dalam kegiatan Bahtsul Masail, Selasa (27/9) di Hotel Axana. Turut hadir, Subkoordinator Kepenghuluan dan FBKS, Syafalmart, Plt. Seksi Kemasjidan Ikrar Abdi, JFT dan JFU Bidang Urais.

Pada kesempatan itu, Kabag TU yang diawal karirnya juga seorang CPPN berharap Penghulu di KUA bisa memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada Masyarakat. Karena KUA adalah cermin layanan Kementerian Agama.

Terkait program revitalisasi mantan Kakan Kemenag Pasaman Barat dan Kota Pariaman ini meminta Penghulu mendukung penuh program revitalisasi KUA.

"Penghulu bersama Kepala KUA harus membuat pola dan merubah mindset dalam menyediakan dan pelayanan kepada masyarakat. Karena pemerintah sudah memberikan banyak fasilitas kepada kita, hal ini harus seimbang dengan kerja kita," harap Kabag TU.

Apalagi saat ini kata Kabag TU, saat ini semua pelayanan sudah berbasis digital. Memberikan pelayanan yang datang ke kantor itu hal yabg biasa. Namun ketika masyarakat bisa menikmati pelayanan di luar kantor ini baru luar biasa katanya.

"Dengan adanya Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik (SPBE) menuntut kita untuk lebih melek digital. Karena dengan SPBE ini kita bisa bekerja dimana saja, kapan saja dengan siapa saja," ujarnya lagi.

Terkait jabatan Penghulu menurut Miswan penghulu adalah primadona. Karena tugas dan fungsinya langsung bersentuhan dengan masyarakat. Penghulu bisa menghalalkan yang tidak halal melalui pernikahan, itu hanya bisa dilakukan penghulu.

"Hari ini sangat banyak program yang dilahirkan untuk menunjang tugas fungsi penghulu di KUA kecamatan. Namun Penghulu juga harus berinovasi dan merubah pola pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam pelayanan digital," kata Miswan.

Disamping itu kata Miswan Penghulu juga harus bijak menyikapi persoalan di tengah masyarakat terutama terkait pernikahan. Banyak yang masih menjadi keraguan bagi masyarakat maka, Penghulu harus bisa menjawab dan mencarikan solusinya

Kegiatan ini menghadirkan Penghulu perwakilan kabupaten kota se Sumatra Barat. Berjalan dua hari, 26 sd 27 September kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Profesional, Kakakanwil dan pejabat di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar. RinaRisna