H. Edy Oktafiandi Lantik Sembilan Kepala KUA Kecamatan Di Lingkungan Kankemenag Padang

H. Edy Oktafiandi Lantik Sembilan Kepala KUA Kecamatan Di Lingkungan Kankemenag Padang

Padang, Humas -- Sebanyak Sembilan Penghulu dilantik serta diambil sumpahnya oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi, sebagai pejabat Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan, berlangsung  di Aula Lt II. Kantor Kementerian Agama Kota Padang tersebut,  Selasa 27 September 2022.

Penghulu yang dilantik akan ditugaskan untuk Sembilan Kecamatan,  dari sembilan KUA yang dilantik dua Penghulu promosi menjabat sebagai Kepala KUA yang  sebelumnya hanya menjabat sebagai penghulu.

Dua Kepala KUA tersebut,  adalah pertama Syafrijal sebelumnya Penghulu Madya  KUA Kecamatan Kuranji Kota Padang , Jabatan baru Kepala KUA Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang, Kedua Welhendri sebelumnya Penghulu Muda KUA Kecamatan Padang Barat, Jabatan baru Kepala KUA Kecamatan Nanggalo Kota Padang.

Sementara itu, Hendri  sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Batang Anai Padang Pariaman,  Jabatan Baru Kepala KUA Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Rahmad Doni sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Padang Barat, Jabatan Baru Kepala KUA Kecamatan Padang Utara, Taufiq Arsani , sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Padang Timur, Jabatan Baru Kepala KUA Kecamatan Padang Selatan.

Tasman  sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Padang Selatan, Jabatan baru Kepala KUA Kecamatan Padang Barat, Ali Amran Sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Lubuk Begalung, Jabatan baru Kepala KUA Kecamatan Padang Timur, Hamdani Sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Lubuk Kilangan,  Jabatan baru Kepala KUA Kecamatan Kuranji, dan  Khairuddin Sebelumnya Kepala KUA Kecamatan Nanggalo, Jabatan baru Kepala KUA Lubuk Begalung Kota Padang.

Sebagai Informasi bahwa , ada di Dua Kecamatan yang ada di Kota Padang yakninya masih di huni oleh Kepala KUA lama diantaranya, pertama Kecamatan Pauh masih dijabat oleh Zil Adrius, dan kedua  Kecamatan Bungus Teluk Kabung  masih dijabat oleh Muhammad Nur.

sementara itu Ramlan, Yuli Mardi dan Sawaldi kembali sebagai Penghulu  karena memang tugas sebagai Kepala KUA hanyalah sebagai tugas tambahan.

Dalam arahannya, H. Edy Oktafiandi mengucapkan selamat bertugas kepada pejabat KUA kecamatan yang telah dilantik .

"saya ucapkan selamat bertugas dan semoga  jabatan yang telah diterima dapat dipertanggung jawabkan serta dijaga dengan sebaik-baiknya", harap Pria yang berasal dari Kubu Marapalam Kota Padang tersebut.

Ia juga meminta  Kepala KUA yang baru dilantik untuk tidak bekerja  sebagai  rutinitas namun  bekerja maksimal dengan menerapkan nilai budaya kerja Kementerian Agama seperti selalu berinovasi, bertanggung jawab, keteladanan sehingga target Kankemenag Kota Padang mewujudkan Zona Integritas dapat tercapai.

Lebih jauh, dikatakan Kepala kantor bahwa pelantikan baik itu rotasi maupun mutasi adalah hal biasa dalam organisasi sebagai penyegaran.

“Ini kita lakukan berdasarkan regulasi, maka adanya perputaran masa jabatan, dan sesuai aturan tidak boleh melebihi tengga waktu,  Selamat atas amanah yang dipercayakan,” ucap H. Edy.

 “Kami berharap saudara yang dilantik hari ini, kehadiran bapak sekalian, adalah yang dianggap mampu dan berkompeten pada jabatan tersebut. Jadi anda sendirilah yang bisa membuktikan anda cocok di posisi ini, dan harus diingat tugas kepala KuA bukan melaksanakan pernikahan saja,” jelas.

Pria yang pernah menjadi Kemenag Kabupaten Agam ini mengungkapkan bahwa tugas penghulu atau kepala KUA memberikan pelayanan ke umat dengan sebaik-baiknya, dan disiplin, dalam berbagai kondisi pelayanan masyarakat tidak boleh terlambat dan terhambat.

Ia juga mengajak mereka yang dilantik untuk lahirkan inovasi dan update informasi. 

“Anda harus tertib administrasi, begitu juga pengarsipan harus tertata dengan baik dan rapi, juga tersistem dalam digitalisasi. Sehingga kerja dan kinerja kita mendapat respon baik dari masyarakat terhadap layanan yang kita diberikan, sekaligus kita menjadi teladan sebagai ulama di tingkat kecamatan.” Jelas H. Edy Oktafiandi seraya menegaskan.m

Menjadi saksi pertama adalah Kepala Subbag Tata usaha Zulfami, dan Saksi kedua Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Aris Junaidi, Rohaniwan Aldri staf Bimas, Pembacaan Ayat susci Alquran Afdal Staf Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Pembacaan Surat Keputusan oleh Hendrizal Staf Subbag Tata usaha dan kegiatan tersebut dipandu Diah Staf Kasi Pondok dan Pesantren.

Dipenghujung Arahannya, Kepala kantor juga menyampaikan  salam maaf dari Ketua DWP Kemenag Kota Padang, El Edy Oktafiandi seyogyanya ingin menghadiri pelantikan ini, berhubung karena ada Dinas luar tidak bisa menghadiri momentum yang penuh makna ini.

Melalui Pembina DWP Kemenag Kota Padang, Ia berpesan kepada seluruh DWP KUA Kecamatan agar saling bahu membahu dan bekerjasama untuk membesarkan DWP dilingkungan Kecamatan masing-masing.

150 tamu undangan yang hadir yang memadati aula Kemenag Padang yang terdiri dari Kepala Madrasah dan unit kerja lainnya dilingkungan Kan Kemenag Padang (HarisTJ) rzk