Gubernur Sumbar Serahkan Sertifikal Halal Selfdeclare BPJPH kepada UMK

Gubernur Sumbar Serahkan Sertifikal Halal Selfdeclare BPJPH kepada UMK
Gubernur Sumbar Serahkan Sertifikal Halal Selfdeclare BPJPH kepada UMK

Padang, Humas--Kegiatan UMKM Sumbar Malagak-UMKM Nusantara Showcase menjadi kesempatan emas bagi BPJPH dan Kanwil Kemenag Sumbar untuk menyerahkan sertifikat halal Selfdeclare kepada UMK Sumbar,

Sertifikat Halal ini diserahkan secara simbolis Gubernur Sumbar Mahyeldi didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Helmi kepada Lima orang perwakilan pengusaha UMK Sumatera Barat, Kamis malam (30/9) di GOR Haji Agussalim.

Ada 80 pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) asal Sumatera Barat yang menerima sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Mereka merupakan bagian dari 25 ribu UMK yang mengikuti program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) melalui mekanisme pernyataan pelaku usaha (selfdeclare)

Gubernur pada kesempatan itu memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kakanwil Kementerian Agama dan BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) yang telah mendukung UMKM dengan pemberian sertifikat halal gratis.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang telah serius mengawal dan memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis," ujar Mahyeldi.

Menurut Mahyeldi, sertifikasi halal menjadi keharusan bagi UMKM Sumbar untuk dapat masuk ke pasar global.

"Seluruh produk UMKM yang berasal dari Sumbar ini nantinya harus bersertifikat halal. Dukungan fasilitasi sertifikasi halal gratis yang sebagian kita serahkan hari ini, amat berarti bagi UMKM di Sumbar," tuturnya.

Mahyeldi menyebutkan Sumatera Barat memiliki lebih dari 600 ribu UMKM. "Perlu kolaborasi dari semua dinas yang ada untuk mengembangkan UMKM yang sangat potensial ini," kata Mahyeldi.

"Pameran UMKM Sumbar Malagak ini juga merupakan salah satu bentuk kolaborasi tersebut," imbuhnya.

Senada dengan Gubernur Mahyeldi, Kakanwil Kemenag Helmi mendorong pelaku usaha di Sumatera Barat untuk segera mensertifikasi halal produk-produknya agar siap masuk ke pasar global.

"Saat ini BPJPH Kemenag masih memiliki 300 ribu kuota fasilitasi sertifikasi halal gratis. Pelaku usaha harus memanfaatkan momen ini," ujar Helmi.

Helmi menyampaikan, berdasarkan data Sistem Informasi Halal (SiHALAL) BPJPH, hingga hari ini baru ada sekitar 700-an pelaku usaha asal Sumbar yang telah bersertifikat halal BPJPH.

"Bagi pelaku usaha Sumbar yang ingin mendapatkan informasi terkait program  Sertifikasi Halal Gratis, silakan mengunjungi stan Halal Indonesia di Pameran UMKM Malagak," ujar Helmi.

"Di sana, pelaku usaha dapat berkonsultasi dengan tim BPJPH, Satgas Halal Kanwil Kemenag Sumbar, Lembaga Pemeriksa Halal, serta Lembaga Pendamping Proses Produk Halal," sambungnya.

Pameran UMKM Sumbar Malagak  diinisiasi  Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar. Kegiatan yang diikuti ratusan UMKM dari berbagai daerah di Indonesia ini berlangsung di GOR Agus Salim, Kota Padang mulai 29 September-2 Oktober 2022. Rinarisna