Kakanwil: KKPM di Padang Pariaman, Ikhtiar Optimalisasikan Fungsi Asrama Haji

Kakanwil: KKPM di Padang Pariaman, Ikhtiar Optimalisasikan Fungsi Asrama Haji

Padang (Humas)-  Melalui kegiatan KKPM Sumatera Barat 2022 yang berlangsung tanggal 29 September- 02 Oktober 2022, Kakanwil Kemenag Sumbar H Helmi berharap Asrama Haji Sumbar di Padang Pariaman dapat difungsionalkan untuk kegiatan serupa atau lainnya. 

"Disini belum fungsional, 2024 paling lambat embarkasi ini sudah fungsional insyaallah," katanya.

Sejak awal pihaknya mengaku, upaya mengoptimalisasikan asrama haji sudah sejak lama. "Mudah-mudahan melalui kegiatan kemah karya pramuka madrasah dapat menumbuhkembangkan sekaligus menginspirasi pelaksanaan kegiatan positif lainnya di asrama haji ini.

Hari ini, Jumat 30 September, dengan melandainya pandemi covid, kegiatan ekstrakulikuler ini bisa diselenggarakan kembali setelah vakum selama dua tahun. 

Sesuai arahan Dirjen, Pramuka semestinya dijadikan kegiatan ekstrakurikuler wajib di satuan pendidikan masing-masing. Karena melalui wadah ini, siswa dilatih untuk mandiri dan berprestasi. 

"Sengaja dipilih tempat ini karena Sumbar memang satu-satunya di Indonesia yang punya 2 embarkasi." Ucapnya

Harapannya kedepan, gerakan pramuka harus teruss dilakukan secara masif dan berjenjang. 

"Mulai dari satuan pendidikan di tingkat Kabupaten/Kota, provinsi dan nasional." tambahnya.

Terkait itu, mantan Kakankemenag Kabupaten Padang Pariaman ini menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kakan kemenag kabupaten/kota

Terlebih hari ini banyak peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September ini. 

"Bersejarah bagi kita masyarakat Sumbar karena bulan september 2009 kita diterpa gempa besar, lebih dari 6000 korban jiwa," katanya.

Hal senada diutarakan Kabid PHU Ramza Husmen kepada humas. "Pasca dilantik menjadi Kabid PHU, banyak PR yang harus dikerjakan. Salah satunya upaya mengfungsionalkan asrama haji agar betul termanfaatkan. Baik itu kegiatan keagamaan ataupun kegiatan positif lainnya," ungkapnya.

Terlebih lagi ada review dari BPKP sangat penting untuk dilanjutkan optimalisasi fungsinya. Sehingga dapat memudahkan pelayanan kepada jemaah haji.

"Baik itu untuk melepas dan menyambut jemaah haji." Imbuhnya.

Terkait itu, Mantan Kakankemenag Kota Payakumbuh ini berterimaksih kepada Kakanwil atas dukungan dan semangatnya.

"Sesuai arahan Kakanwil, gedung umat ini dapat dimanfaatkan untuk internal dulu. Hari ini dipakai madrasah untuk KKPM. Bahkan dalam rangka optimalisasi asrama haji ini, akan digelar juga kegiatan penyuluh dan moderasi beragama." bebernya.

Ia berharap KKPM, dapat membuka mata berbagai kalangan untuk memanfaatkan fasilitas asrama haji Sumbar di Padang Pariaman.(vera)