Lepas Balon Udara, Resmi Porsadin 2022 Tingkat Sumbar Dibuka Bupati

Lepas Balon Udara, Resmi Porsadin 2022 Tingkat Sumbar Dibuka Bupati

Koto Baru, Humas--Iven Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) ke 5 tingkat Provinsi Sumatera Barat resmi dibuka Bupati Solok Epiyardi Asda didampingi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. #Helmi berserta Ketua Dharmawanita Persatuan,  Ny. Nazifah Helmi, Senin (24/10) di Islamic Center, Koto Baru Solok. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Solok, H. Zulkifli dalam hantaran katanya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut membantu dan mensukseskan iven ini. 

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Kakanwil atas kepercayaan menunjuk Kabupaten Solok sebagai tuan rumah. 

"Kami ucapkan juga selamat datang kepada semua kontingen, semoga selama di Kabupaten Solok ini merasa nyaman, tenang dan bahagia, dan mohon maaf jika sebagai tuan rumah masih banyak terdapat kekurangan," ujarnya. 

Sementara Bupati Kab. Solok, Epiyardi Asda yang di daulat membuka Porsadin ke V tingkat Provinsi Sumatera Barat menyampaikan dukungan dan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. 

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya memberikan apresiasi positif atas penyelenggaraan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (Porsadin) Tahun 2022," ujar H. Epiyardi Asda.

Disampaikannya lagi, "terselenggaranya lomba ini diharapkan mampu mengembangkan keterampilan hidup dan rasa cinta seni yang Islami sebagai wahana yang efektif dalak memberikan pemahaman dan penghayatan ajaran agama kepada generasi muda."

"Demikian pula dengan dunia olahraga yang didalamnya yang kental dengan nuansa kompetisi dan sportivitas yang hendaknya mampu membawa  para santri untuk menanamkan sifat sifat kejujuran, keadilan dan cinta pada kebenaran dalam kehidupan sehari hari," tambahnya.

Lebih mendalam diulasnya, "para santri sebagai pemuda sekaligus agent of change hendaknya senantiasa didorong untuk mengembangkan kreatifitas dan sportifitas salah satunya dengan kegiatan seperti ini."

"Saya menhimbau kepada anak anak untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan kemampuan serta bakat kalian dalam lomba ini, namun tetap menjunjung tinggi nilai persahabatan serta persaudaraan," imbaunya. 
 
Terakhir Bupati mengucapkan, "selamat berkompetisi secara sehat dan sportif, manfaatkanlah momen ini sebagai , wahana syiar Islam, yang jika ini dapat diwujudkan, InsyaAllah akan mengantarkan kalian menjadi generasi penerus yang sukses dibarengi dengan keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, taat beribadah dan berakhlak mulia.

Istimewa, pembukaan Porsadin ini juga dihadiri Anggota DPR RI, Athari Gauthi Ardi, Kadispora Provinsi, Kajati, Kabag TU, Miswan, Kabid Papkis Naharuddin, Kabid Urais Edison,  Kabid PHU Ramza Husmen, Kakan Kemenag Kab. Solok Zulkifli beserta istri dan Kakan Kemenag kabupaten kota se Sumatera Barat beserta Ketua Dharmawanita. 

Pembukaan Porsadin ditandai dengan melepas balon ke udara oleh Bupati, Kakanwil dan pejabat yang hadir dimeriahkan oleh tari kolosal dari MTsN 2 Kabupaten Solok dan ditutup dengan de file. Porsadin ini diikuti santri Madrasah Diniyah Takmiliah (MDT) se Sumatra Barat yang berjumlah lebihkurang 500 orang. Porsadin memperlombakan 11 cabang, 4 cabang olahraga dan 7 Seni.[RinaRisna_DW]