Kakan Kemenag Kota Pariaman Rinalfi Menjadi Pembina Upacara Pada HGN di MAN Kota Pariaman

Kakan Kemenag Kota Pariaman Rinalfi Menjadi Pembina Upacara Pada HGN di MAN Kota Pariaman

Pariaman Humas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman H.Rinalfi bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Gur uNsional (HGN) di MAN Kota Pariaman yang dilaksanakan di halaman Madrasah setempat Jum’at  (25/11).

Hadir pada Upacara ini Keala Madrasah, Kaur TU, Majlis Guru dan Pegawai TU di lingkungan Madrasah dengan peserta seluruh Siswa dan Siswi MAN Kota Pariaman.

Dalam amanahnya Kakan Kemenag menyampaikan pidato Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaumas yang mengucapkan terimakasih atas jasa dan dedikasi para guru yang mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Diantara pidato Menteri Agama adalah mempertegas bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dediksi guru tiada batas denagn mengusung tema ‘Berinovasi Mendidik generasi.”

Adapun pesan Menteri Agama pada peringatan Hari Guru ini ada 4 hal. Pertama adalah guru diharapkan menjadi pribadi pembelajar, sebab mengajarpun bagian dari belajar. Saat guru mengajar pada hakekatnya dia juga sedang belajar. Kedua adalah sekarang kita masauk fase learning recovery pemulihan proses pembelajaran, dimana guru dituntut terus berinovasi dan memanfaatkan kemajuan tekhnologi informasi.

Lebih lanjut Kakan Kemenag menyampaikan bahwa ketiga pesan Menteri agama adalah terus perkuat Moderasi  Beragama dan sukseskan Tahun  Toleransi. Jadikan agama sebagai sumber inspirasi untuk memuliakan harkat kemanusiaan, meneguhkan komitmen, kebangsaan toleran dan anti kekerasan. Hormati keragaman budaya lokal dan segala bentuk perbedaan. Jauhi politisasi agama, hindari perpecahan, terlebih dengan membawa-bawa ajaran agama. Hadirkan agama sebagai rahmat bagi semesta.

Dan keempat pesan Menteri Agama pada upcara Hari Guru yang disampaikan kakan Kemenag adalah bahwa Kementerian Agama berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru, penambahan kuota Pendidikan profesi guru (PPG), menfasilitasi beasiswa Pendidikan, mengadakan diklat bagi para guru, bermitra dengan Bank Dunia , pemenuhan tunjangan profesi guru dan insentif guru, pengangkatan P3K serta penataan dan pendistribusian guru dengan tentunya memperhatikan kualitas dan sdm guru tersebut. Itulah sambutan Menteri Agama yang disampaikan Kakan Kemenag Kota Pariaman

Diujung amanahnya Kakan Kemenag mengucapkan selamat hari Guru, Guru adalah Pahlwan Tanpa Tanda Jasa.

“Guru Engkau sebagai Pelita dalam kegelapan, engkau laksana embun penyejuk kehausan, Enkau patriot pahlawan bangsa  tanpa jasa,”

Ituah sebait lagu dengan judul Pahlawan tanpa Tanda Jasa yang menutup Pidato Menteri Agama yang disampaikan Kakan Kemenag Kota Pariaman H.Rinalfi. Selamat Hari Guru Jasamu tak terbalaskan.

Dipenghujung acara dilaksanakan penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada 10 orang Guru Prestasi Akademik dan 26 orang Guru dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi tinggi . Peringatan HGN ini juga ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh kakan Kemenag yang disaksikan oleh seluruh komunitas MAN Kota Pariaman mulai dari Kepala, KTU, Majlis Guru ,Pegawai dan siswa-siswi Man Kota Pariaman.(Rita)