Siswa MTsN Kota Solok Ikuti Workshop Robotik

Siswa MTsN Kota Solok Ikuti  Workshop Robotik

Kota Solok, Humas--Sebanyak 18 orang  siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Solok mengikuti kegiatan workshop robotik yang diselenggarakan MTsN Kota Solok. Kegiatan workshop tersebut dipandu langsung Instruktur Robotik Nurul Aini, yang berlangsung di ruang kelas MTsN Kota solok. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari , Sabtu-minggu tanggal 26 sd 27 November 2022. 

Dalam workshop ini, seluruh peserta memakai sistem belajar langsung praktek dan diberi aplikasi untuk menjalankan Robotik sedangkan media yang dipakai Miniatur Rumah dari kardus. Dari kardus ini dapat menciptakan SmartHome alias Rumah Pintar. Kemudian siswa melaksanakn praktek secara langsung membuat alat pendeteksi Cahaya, Pendekteksi Api dan melaksanakan simulasi, pengendaliannya melalui Handphon  atau HP Android.

Siswa siswi dari MTsN Kota Solok sangat antusias dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut. Mereka dapat mengekplorasi kemampuan mereka dalam memprogram robot agar dapat melewati berbagai rintangan. Salah satu siswa yang mengikuti kegiatan tersebut merasa sangat senang dengan pelatihan robotik.”Senang sekali bisa mengikuti pelatihan robotic sekalian belajar pemrograman robotic bisa juga belajar bahasa Inggris,” ujar Nashifa.

Guru pendamping robotik MTsN Kota Solok, Defit Arison, menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menumbuhkan minat para siswa kepada dunia robotik karena robotik sangat baik untuk meningkatkan daya kreativitas siswa. "Dunia robotik itu sangat mengasyikkan, kita bisa berkreasi dalam merakit maupun memprogram robot sesuai dengan apa yang kita inginkan, selain itu juga dapat meningkatkan daya kreatifitas siswa,” tandas Defit

Kepala MTsN Kota Solok, Hj. Ifra Yetriani sangat mendukung kegiatan tersebut, beliau berpesan agar siswa dapat menimba ilmu sebanyak–banyaknya dari narasumber,” Kami dukung kegiatan–kegiatan yang positif sebagai upaya pengembangan bakat dan minat siswa, jadikan kegiatan ini sebagai media pembelajaran untuk kemajuan madrasah semoga dengan kegiatan ini, siswa MTsN dapat berkeompetensi di ajang Robotik tingkat Provinsi dan tidak menutup kemungkinan bisa tingkat Internasional,” ujar Kepala MTsN Kota Solok.

Penulis helda

Editor Risna