HAB 77, DWP Kemenag Kab. Solok Gelar Lomba MC

HAB 77, DWP Kemenag Kab. Solok Gelar Lomba MC

Koto Baru, Humas – Memeriahkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama, Dharmawanita Persatuan (DWP) unit Kantor Kemenag Kabupaten Solok menggelar lomba pembaca acara / master of ceremony (MC), Kamis (1/12) di aula Hubbul Wathan.

Dalam sambutannya pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Solok H. Zulkifli menyebut bahwa seorang menjadi kunci suksesnya sebuah acara.

“Kepiawaian dan penguasaan panggung dan kondisi acara oleh seorang MC menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah acara,” sebut H. Zulkifli.

Zulkifli merinci, dalam sebuah acara MC akan memulainya dengan mukadimah, penghormatan, gambaran acara, audiens hingga susunan acara. Untuk itu selain olah vokal, maka MC juga mempunyai kosa kata dan penguasaan mukadimah yang baik.

“Begitu juga dalam memberikan penghormatan. MC harus mengetahui siapa yang tersebut dalam salam penghormatan yang diurutkan berdasarkan jabatan sebagaimana protokoler pemerintah. Kemudian mukadimah, sebagai jajaran Kementerian Agama maka mukadimah diharapkan dengan bahasa Arab yang baik bila perlu memakai langgam Arab,” ulas Kakan Kemenag.

Selain itu, penguasaan audiens acara juga menjadi bagian suksesnya tugas MC. Karena ini akan berkaitan dengan pemakaian kosa kata serta kalimat-kalimat penunjang sebagai penghantar kata.

“Wawasan luas diperlukan agar MC tidak kaku dalam mengurai kalimat sebagai pengantar setiap momen dalam acara yang dipandu, untuk itu MC harus banyak membaca menguasai informasi terkini terutama yang berkaitn dengan acara yang dipandu,” terang Zulkifli.

Menutup arahannya, terkait lomba yang digagas oleh Dharmawanita Persatuan Kantor Kemenag kabupaten Solok ini, H. Zulkifli mengajak para anggota DWP untuk bisa dan terbiasa menjadi MC karena ini bagian dari menunjang tugas dan profesi suami yang pada wujudnya adalah menyukseskan program dan kegiatan Kementerian Agama.

Ketua DWP Kantor Kemenag Kabupaten Solok Ny. Yessi Zulkifli menyebutkan bahwa peserta lomba kali ini adalah istri para pejabat mulai dari Kasi, Kepala KUA, Kepala Madrasah dan Kaur Tata Usaha. Fendi