Kakanwil Ingatkan Penyuluh Agama Islam Agar Upgrade Kompetensi Diri

Kakanwil Ingatkan Penyuluh Agama Islam Agar Upgrade Kompetensi Diri

Pariaman, humas -- Capacity building bagi penyuluh agama Islam sangat diperlukan guna mengupgrade kompetensi penyuluh dalam bertugas memberikan pembinaan ditengah umat. Dimasa yang akan datang tantangan bagi penyuluh untuk memberikan bimbingan semakin besar.

Demikian salah satu penyampaian Kakanwil H Helmi didampingi Kabid Penais Zawa H Yufrizal dan Kakan Kemenag Kota Pariaman H Rinalfi saat membuka sekaligus memberikan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS Kota PariamanPariaman di aula Kankemenag Kota Pariaman, (9/12).

Penyuluh selama ini, sebut Kakanwil telah berbuat dan bermanfaat untuk masyarakat namun untuk mewujudkan penyuluh yang lebih hebat maka perlu peningkatan Kompetensi diri dan kualifikasi akademis yang memumpuni.

"Kita mengapresiasi jajaran bidang Penais Zawa karena pada tahun ini telah melaksanakan pembinaan kepada penyuluh sebagai upaya capacity building atau membangun kompetensi penyuluh, " terang Kakanwil.

H Helmi menyebutkan diantara kompetensi yang harus dimiliki seorang penyuluh adalah kemampuan penyuluh dalam mengolah dan mengelola pesan-pesan atau materi yang akan disampaikan kepada umat. Ia meneruskan, kemampuan mengelola pesan bagi penyuluh sangat menentukan dalam mencapai program prioritas Kementerian Agama seperti moderasi beragama.

" Untuk mensosialisasikan Program prioritas Kementerian Agama seperti moderasi beragama maka penyuluh diharapkan dapat menyampaikan dengan bahasa yang sesuai dan mudah dipahami masyarakat setempat, " ungkap Kakanwil.

Walaupun Kondisi kehidupan beragama di Sumatera Barat khususnya di kota Pariaman selama ini telah berjalan lancar, aman dan kondusif namun Penyuluh agama Islam tetap diharapkan menjalankan fungsi early warning atau pendeteksi dini dari setiap konflik sosial yang ada ditengah masyarakat.

Terakhir Kakanwil mengingatkan Penyuluh dapat bekerja sepenuh hati dan selalu menjaga keikhlasan disetiap saat.

Sedangkan Kabid Penais Zawa H Yufrizal dalam pembinaannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan pada tahun 2022 ini dilaksanakan di beberapa Kabupaten Kota.

Kabupaten dan Kota yang menerima kegiatan pembinaan penyuluh pada tahun ini yaitu kota Solok, Kota Pariaman, Kabupaten dhamasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Padang Pariaman. rzk