Kakanwil Ingatkan ASN Lanjutkan Perjuangan Pahlawan Dalam Upacara Penghormatan Bendera

Kakanwil Ingatkan ASN Lanjutkan Perjuangan Pahlawan Dalam Upacara Penghormatan Bendera

Padang, Humas--Upacara penghormatan bendera merah putih merupakan salah satu bentuk penghormatan atas perjuangan para pahlawan yang telah memperebutkan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. 
 
Ini sesuai dengan Instruksi Menteri Agama (MA) Nomor 2 Tahun 2021, Menag menginstruksikan agar seluruh Aparatur Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan penghormatan bendera merah putih dan doa setiap tanggal 17.

Berkenaan dengan hal tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi juga menggelar upacara penghormatan bendera Merah Putih di lapangan upacara kantor setempat dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barart, H. Helmi sebagai Pembina upacara dan Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam sebagai pelaksana, Senin (19/12).

Dalam amanatnya, Kakanwil, H. Helmi menyampaikan bahwa Upacara Penghormatan Bendera ini wajib dilaksanakan tanggal 17  setiap bulannya, jika ditanggal itu hari libur maka pelaksanaan dilaksanakan pada hari kerja. 

Kakanwil menambahkan, Hari ini hari bela negara dimana dengan adanya peristiwa upacara bendera kesadaran kita  abdi negara atau ASN harus semakin tinggi. 

"Jika para pahlawan berjuang mempertaruhkan nyawa harta dan sebagainya, maka kita sebagai ASN melanjutkan perjuangan pahlawan  mempertahankan kemerdekaan dengan cara melaksanakan kewajiban sebagai ASN dan melayani umat dengan sebaik baiknya," ujar Kakanwil. 

"Jangan ada istilah jika dipersulit, mengapa harus dipermudah tapi robahlah mindset tersebut dengan memberikan pelayanan terbaik, jika bisa dipermudah jangan dipersulit," tegasnya. 
 
Salah satu cara dalam memberikan pelayanan terbaik atau service excellent tersebut dengan terus berbenah menelorkan inovasi invasi baru yang mempermudah pelayanan tersebut. 

Diinformaksikan Kakanwil, Kanwil Kemenag Sumbar dalam rangka berbenah memberikan pelayanan terbaij kepada masyarakat meluncurkan beberapa inovasi diantaranya, Aplikasi Tanda Tangan Elektronik (TTE), Aplikasi naik pangkat, Aplikasi Budgeting bagi Guru dan Penyuluh, Aplikasi agenda. 

"Dari 34 Kanwil se Indonesia, baru Kanwil Kemenag Sumbar yang sudah menerapkan aplikasi TTE ini hingga ke Satker Kabupaten Kota, kita harapkan dengan TTE ini tata persuratan yang melibatkan pimpinan tidak terhalang," jelas Kakanwil. 

Kemudian Kakanwil menyampaikan bahwa ini sudah akhir tahun akan ada perayaan hari besar agama lain maka mari kita ciptakan suasana yang kondusif dan ketentraman umat beragama dalam beribadah. 

Diinformasikan lagi oleh Kakaknwil bahwa realisasi anggaran yang terpantau untuk Sumatera Barat sudah mencapai 96,37%, maka mari rapikan segala yang terkait laporan keuangan. 

Upacara ini diikuti oleh seluruh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar termasuk pegawai honorer. Dalam upacara kali ini juga diselipkan agenda penyerahan SK Kenaikan Pangkat bagi 23 ASN di Lingkungan Kanwil Kemenag Sumbar, dan 1 orang SK Pensiun.[DW]