Hari Pertama Kerja Tahun 2023, Kanwil Kemenag Sinkronkan Program dengan Pemprov Sumatera Barat

Hari Pertama Kerja Tahun 2023, Kanwil Kemenag Sinkronkan Program dengan Pemprov Sumatera Barat

Padang, humas -- Dihari kerja pertama tahun baru 2023 dan diawali sholat Subuh berjamaah , Senin (02/01/2023) Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat H Helmi didampingi Kepala Bagian Tata Usaha serta Kepala Bidang sambangi Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi di Komplek Istana Gubernur guna memperkuat koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah.

Selain itu kedatangan Kakanwil juga dalam rangka memohon kesediaan Gubernur sebagai Inspektur upacara HAB 77 Kementerian Agama yang akan diselenggarakan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat esok hari tanggal 3 Januari 2023.

Kakanwil selain meyampaikan laporan kinerja Kanwil Kementerian Agama Sumatera Barat selama tahun 2022 juga melakukan koordinasi, sinkronisasi serta akan berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Sumatera Barat untuk menjalankan program- program tahun 2023.

Beberapa program Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat yang akan disinkronkan dengan program unggulan pemerintah provinsi Sumatera Barat diantaranya sinkronisasi di bidang Penerangan Agama Islam (Penais Zawa), bidang Urusan Agama Islam (Urais) dan dibidang Pendidikan Agama Islam.

"program unggulan pemerintah provinsi yang akan disinkronkan diantaranya terkait optimalisasi peran Penyuluh terhadap masyarakat penerima bantuan bedah rumah, safari subuh keliling, program stunting, wakaf tunai dan penanaman bibit pohon oleh setiap calon pengantin dan pemberdayaan pesantren dan madrasah dengan program yang ada di Dinas Pendidikan seperti wirid remaja," ungkap H Helmi.

Untuk wakaf, Gubernur dan Kakanwil melihat potensi wakaf tunai bisa dimaksimalkan melalui sinkronisasi wakaf tunai bagi calon pengantin. " setiap tahun ada 40.000 pengantin yang menikah dan bila setiap pengantin berwakaf tunai sebesar Rp. 10.000 maka tentu potensi wakaf tunai dapat dimaksimalkan," terang Kakanwil.

Kakanwil meminta jajarannya dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat nantinya dapat menindaklanjuti program sinkronisasi tersebut sehingga dapat terlaksana dengan optimal dan maksimal. rzk