Gowes Tour de Bukareh Yang Ke-4 dilaksanakan MTsN 1 Agam di Awal Januari 2023 ini

Gowes Tour de Bukareh Yang Ke-4 dilaksanakan MTsN 1 Agam di Awal Januari 2023 ini
Gowes Tour de Bukareh Yang Ke-4 dilaksanakan MTsN 1 Agam di Awal Januari 2023 ini

Tilatang Kamang, Humas--Pada hari Sabtu ini (07/01), MTsN 1 Agam menggelar kegiatan Gowes Tour de Bukareh yang ke 4 tahun 2023. Selain sebagai kegiatan Tahunan madrasah, kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HAB Kementerian Agama Republik Indonesia yang Ke-77 di MTsN 1 Agam.

Menurut Kepala Madrasah, Ridha Albiy, Kegiatan ini sempat berhenti pada tahun 2020 dikarenakan pandemi Covid-19, namun pada tahun kemaren (2022) dan tahun ini (2023) kegiatan ini dapat dilaksanakan. Menurut Ridha, di tahun ini terdapat inovasi dalam pelaksanaan tour de Bukareh ini, yakni melalui rute terbaru yang melintasi 3 kecamatan, terdapat ratusan hadiah yang bersumber dari bantuan guru dan donatur.

"Alhamdulillah di tahun 2023 ini, terdapat inovasi dalam pelaksanaan kegiatan tour de Bukareh yang ke-4 ini, yakni route melewati tiga kecamatan, yakni kecamatan Tilkam, Kecamatan Kamang Magek, dan kecamatan Baso, selain itu terdapat ratusan hadiah berupa bingkisan menarik dan doorprize disepenser, setrika, serta magic com, kedepannya kita akan terus mengembangkan kegiatan ini" ungkap Ridha.

Lebih lanjut, Waka Kesiswaan MTsN 1 Agam, Arsil, menuturkan bahwa dalam pelaksanaannya, siswa melewati rute start di bukareh kemusoam Pakan Ahad lanjut Masuk di simpang SMP Bungo lalu masuk ke Solok lanjut ke Bukik Baka sebagai cek poin lanjut ke Kuruak Kampuang panjang lalu Koto Kaciak lanjut ke Koto Marapak lalu Simpang Tigo Magek dan di Finish Bukareh.

Menurut Arsil, disamping peringatan HAB dan Kegiatan tahunan, kegiatan ini untuk memberikan penyegaran kepada siswa MTsN 1 Agam yang notebene masih banyak yang bersepeda ketika disekolah di awal masuk pembelajaran.

"Selain sebagai kegiatan tahunan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyegarkan kembali siswa MTsN 1 Agam yang notabene nya kalau pergi ke sekolah masih banyak yang menggunakan sepeda, untuk membuat mereka bersemangat lagi dalam belajar" ujar Arsil.

Kegiatan ini diikuti oleh 200 lebih siswa dan juga seluruh civitas madrasah dengan melibatkan Polsek Tilatang Kamang serta Puskesmas Kapau. Kegiatan ini dibuka oleh Ibuk Pengawas Madrasah, Febrial, mewakili Kakan Kemenag Kabupaten Agam, sekaligus melepas para siswa untuk berangkat.

Febrial sangat mengapreasi kegiatan gowes tahunan di MTsN 1 Agam ini. "Saya sangat mengapreasi kegiatan gowes di MTsN 1 Agam ini, ini adalah kegiatan yang hanya ada di sini, khas madrasah ini, tidak ada di madrasah lain, untuk itu ketika diperjalanan nanti, tunjukkan kepada masyarakat bahwa siswa-siswi MTsN 1 Agam memang berkarakter" Ujar Febrial.

Setelah Pelaksanaan Kegiatan, siswa menunggu pembagian hadiah. Terdapat RatusanBingkisan doorprize yang menanti siswa. (Why)